Cara Mudah Menulis Opini Bagi Pemula

           
Cara Menulis Opini Bagi Pemula

Hampir setiap orang pasti pernah mengungkapkan gagasan atau ide yang dimiliki. Aktivitas pengungkapan gagasan tersebut dinamakan opini. Opini mengutarakan sebuah perspektif akan sebuah objek yang berada di sekitar. Opini berbeda dengan fakta karena ia mengalir dari diri tiap individu.

            Sedangkan fakta adalah sebuah penjelasan yang melibatkan data akurat dari sumber terpercaya. Mungkin bila beropini secara lisan tidak ada aturan baku yang ditetapkan. Namun lain ceritanya ketika Anda diminta menuliskan sebuah opini. Apalagi opini tersebut akan digunakan untuk kebutuhan media cetak maupun media daring. Bila Anda juga termasuk pemula, maka terdapat beberapa cara menulis opini yang benar dan harus diikuti sehingga gagasan yang disampaikan mudah dimengerti oleh pembaca.

Sebetulnya cara menulis opini tidak begitu sulit. Asal mengetahui kaidah penulisan yang tepat maka opini Anda sudah enak dibaca. Meskipun begitu masih banyak ditemui sejumlah penulis yang sering menuliskan opini tanpa mengikuti aturan penulisan yang baik. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa cara menulis opini yang dapat diterapkan untuk pemula:

Pertama

Menentukan Topik atau Tema

            Sama halnya saat Anda menuliskan sebuah narasi, maka topik atau tema menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan. Anda tidak bisa beropini hal yang banyak dalam waktu bersamaan karena membuat pembaca menjadi bingung apa yang ingin Anda sampaikan. Maka dari itu pilih topik yang menarik untuk diangkat misalnya kenakalan remaja, penggunaan media sosial terhadap perilaku remaja, harga kebutuhan pokok, prestasi Indonesia di mancanagera dan sebagainya. Dengan menentukan tema pembaca akan lebih mudah mengerti kemana arah gagasan Anda.

Kedua

Memilih Sudut Pandang

            Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah memilih sudut pandang. Sudut pandang yang dimaksud dalam hal ini adalah dimana posisi Anda. Pada sebuah isu tertentu pasti menimbulkan pro dan kontra. Disinilah Anda harus memilih apakah Anda memilih menjadi pendukung, oposisi, atau bersikap netral. Sangat disarankan untuk memilih salah satu seperti pihak yang pro sehingga opini yang disampaikan lebih jelas. Namun jika Anda memilih netral maka Anda harus menjabarkan alasan mengapa Anda bersikap demikian lalu apa kelebihan dan kekurangan dari isu yang berkembang.

Ketiga

Menentukan Ruang Lingkup

            Sebenarnya tidak ada yang menghalangi Anda untuk beropini terhadap segala macam peristiwa yang muncul  ke permukaan. Namun begitu akan lebih baik jika beropini sesuai dengan ruang lingkup yang ada. Sebagai contoh bila Anda adalah seorang mahasiswa maka Anda bisa mengemukakan pendapat mengenai kebijakan universitas, kerja part time dan freelance yang dilakukan mahasiswa hingga kuota beasiswa luar negeri. Dengan begitu Anda bisa lebih peka terhadap situasi di sekeliling Anda yang perlu mendapat perhatian.

Keempat

Menulis dengan Struktur

            Banyak pemula yang sering menganggap sepele hal ini. Padahal menulis tidak hanya sekedar membutuhkan mengutarakan sudut pandang saja. Lebih dari itu bagaimana Anda mengolah kata menjadi sebuah susunan paragraf yang tepat padu. Setidaknya Anda harus menulis dengan struktur 5W + 1H yang dilengkapi pembuka, isi dan kesimpulan atau penutup.

Kelima

Memeriksa Ejaan

            Setelah selesai menulis, periksa sekali ejaan yang digunakan. Anda harus menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD) sehingga bahasanya tidak kacau dan rapi. Perhatikan tanda baca seperti titik, koma dan kata penghubung.
           
Itulah 5 cara menulis opini bagi pemula. Cara menulis opini tersebut dapat Anda kembangkan sebaik mungkin dengan berlatihnya setiap hari. Hindari penggunaan kata-kata SARA yang provokatif sehingga tidak menyinggung pihak manapun.


            Demikian cara menulis opini untuk Anda yang pemula. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang lebih luas.  (Admin Gubanesia)



Baca Juga:



Belajar Karya Ilmiah Yuk!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menulis Opini Bagi Pemula"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.