Contoh Teks Anekdot Lengkap

Contoh Teks Anekdot Lengkap

Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang berisi cerita lucu, humor dan menggelitik. Sama halnya ketika ingin menulis sebuah cerita pendek maupun cerita bersambung, penulis harus membuat cerita sesuai kaidah penulisan yang benar. Untuk mendalaminya, Anda perlu mencari beberapa contoh teks anekdot sebagai referensi untuk mempelajari setiap struktur atau polanya.

Dari sekian contoh teks anekdot yang ada, pendidikan atau remaja adalah topik yang sering diangkat ke dalam sebuah teks anekdot. Berikut ini ada contoh teks anekdot pendidikan yang menarik untuk disimak

Salah Lima

Seorang bapak sedang berbincang dengan anak laki-lakinya. Mereka sedang membahas nilai ulangan matematika yang diikuti oleh si anak

Bapak : “Nak, bagaimana hasil ulangan matematikamu?. Bapak harap nilai kamu bagus ya hari ini.”

Anak : “Ya begitu pak, aku tadi salah lima. Itu pun sudah susah payah aku mengerjakannya. Sampai kepala mau pecah rasanya.”

Bapak : “Wah hebat dong kamu cuma salah lima. Tidak apa-apa nak, salah lima itu sudah lebih baik kok.”

Anak : “Nggak juga pak, aku malah nggak puas sama nilainya.”

Bapak : “Lah kok gitu. Matematika itu tidak mudah lo nak. Bapak tetap senang kamu salah lima. Ya setidaknya salahnya sedikit.”

Anak : “Senang sih senang pak, tapi aku dapat nol.”

Bapak : “Hah dapat nol??. Kok bisa? Bapak nggak ngerti nak maksud kamu apa?”

Anak : “Ya dapat nol  pak. Total soal matematikanya ada 30 nah yang aku kerjakan cuma 5. Sisanya yang 25 aku kosongin. Habisnya aku sudah pusing dan mengantuk.”

Bapak : “Kebacuuuutttt (sambil melotot).”

Dari contoh teks anekdot di atas ada beberapa struktur yang perlu dipahami. Pada bagian abstraksi terlihat seorang bapak sedang berbincang dengan anaknya mengenai ulangan matematika. Kemudian di bagian orientasi suasananya cukup menyenangkan. Bapak lega mendengar si anak hanya salah lima pada ulangan matematikanya.



Namun, di sini krisis mulai ditampilkan saat anak mengatakan tidak puas dengan hasilnya dan mendapatkan nol. Di bagian reaksi bapak terkejut dan bertanya heran. Kodanya adalah anak mengatakan bahwa dari total 30 soal hanya 5 yang dikerjakan dan salah sehingga mendapatkan nol. Re-orientasinya pada contoh teks anekdot ditutup dengan ekspresi marah si bapak. (Admin Gubanesia)

Baca juga:



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Contoh Teks Anekdot Lengkap"

  1. Ingin tanya pak apa contoh teks anekdot dapat menggunakan bahasa Indonesia tidak baku? Dan mohon koreksinya untuk contoh teks anekdot milik saya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung dan mari kita berbagi. Jawabanya relatif, MENURUT SAYA. Bahan dasar dari anekdot adalah sebuah cerita. Jika cerita maka menurut hemat saya akan jauh lebih baik jika ditulis menggunakan bahasa yang ringan dan sederhana. Tetapi tergantung yang memiliki cerita. Jika yang memiliki cerita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia baku (kaum intlektual) maka kemasan cerita yang ditulis tercermin dari bahasa ragam tulisnya. Tetapi sekali lagi menurut saya akan jauh lebih baik jika menggunakan bahasa sehari-hari yang gampang dipahami oleh setiap lapisan masyarakat. Mungkin itu pendapat saya, maaf tidak bermaksud menggurui, hanya berbagi saja. Soal karya mbak saya tidak bisa koreksi, sebab itu karya intlektual seseorang, selama pesan dari tulisannya tersampaikan dan tidak mengandung unsur SARA maka itu benar dan harus diapresiasi. Karya mbak layak untuk diapresiasi sebab bisa membantu guru bahasa Indonesia maupun siswa untuk belajar dari berbagai sumber belajar. Salam

      Hapus

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.