Struktur Teks Anekdot Lengkap

           
STRUKTUR TEKS ANEKDOT LENGKAP

Apakah Anda sering menuliskan pengalaman seseorang yang dikemas dalam sebuah cerita pendek? Bisa jadi Anda menuliskan sebuah anekdot. Mungkin Anda pernah mendengar istilah ini karena pernah dibahas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Namun jika Anda lupa maka simak pembahasan ini sampai habis untuk mengingatkan kembali pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut.

Anekdot adalah sebuah cerita pendek atau singkat yang humoris dan menghibur. Topik yang diangkat pun bermacam-macam mulai dari dunia pendidikan, politik, hukum, sosial bermasyarakat dan sebagainya. Meskipun terkesan informal, namun membuat struktur teks anekdot tetap diperlukan. Hal ini agar pesan yang ingin disampaikan dapat dicerna dengan baik oleh si pembaca karena biasanya pembaca lebih tertarik pada hal-hal yang satir, lucu dan menghibur.


Baca: 

Materi Anekdot


Mempelajari teks anekdot bukan hanya sekedar membuat cerita singkat yang penuh humor. Lebih dari itu mempelajari teks anekdot mempunyai tujuan umum dan tujuan khusus. Adapun tujuan umumnya ialah dapat menghadirkan sebuah cerita yang segar dan dikemas secara unik, sehingga lebih menarik perhatian. Sedangkan tujuan khususnya sendiri adalah memberikan pesan moral, amanat atau kritik terhadap berbagai hal atau persoalan yang terjadi di sekitar.

Oleh karena itu kedudukan teks anekdot dianggap penting layaknya berbagai jenis teks yang ada dalam bidang kebahasaan maupun kesastraan. Untuk itu, jika Anda ingin serius menekuni bidang ini, maka sebaiknya Anda perlu memahami cara membuat struktur teks anekdot terlebih dahulu. Mengikuti struktur tentu tidak semudah Anda mengembangkan cerita sesuai yang diinginkan. Tetapi dengan struktur pula, cerita Anda jauh lebih berkembang dengan alur yang mudah diikuti.

Ketika Anda sudah berhasil membuat struktur teks anekdot, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh. Manfaat pertama adalah Anda dapat menuangkan sebuah ide atau gagasan yang lebih kreatif dengan topik yang tidak terbatas. Manfaat kedua, kemampuan Anda dalam mengembangkan sebuah cerita akan terasah dengan baik.

Hal ini karena tidak semua orang mampu mengembangkan cerita humor singkat dan berhasil mengocok perut pembaca. Namun bukan berarti Anda tidak akan pernah bisa membuatnya. Asal Anda yakin dan tekun maka yang harus dilakukan adalah belajar dan praktek.

Manfaat selanjutnya adalah Anda sedikit lebih peka terhadap persoalan yang ada di sekitar. Wajar saja demikian sebab Anda harus membuat sebuah cerita yang unik berdasarkan pengalaman Anda maupun kejadian-kejadian yang sering dibahas. Manfaat terakhir adalah teks anekdot dapat menjadi media komunikasi terbaik untuk mengkritisi apa yang menjadi permasalahan selama ini. Jadi, jika Anda tertarik untuk membuat cerita dengan nada sindiran, anekdot adalah pilihan yang tepat.


BACA:


Contoh Teks Anekdot Lengkap



Struktur Teks Anekdot


Dalam struktur teks anekdot ada beberapa istilah yang harus Anda pahami secara berurutan. Nah agar Anda lebih mudah mendapatkan penjelasannya, berikut ini penjabaran singkatnya :

Abstrak

Struktur teks anekdot yang pertama adalah abstrak. Abstrak adalah bagian awal atau introduksi yang akan menggambarkan isi cerita. Biasanya abstrak berupa penggalan paragraf singkat.

Orientasi

Orientasi masih berupa bagian awal namun mulai menunjukkan kejadian atau peristiwa yang akan diangkat. Orientasi juga berupa permulaan atau latar belakang pada kejadian dalam cerita.

Event

Sesuai namanya, event memuat serangkaian peristiwa yang diceritakan pada teks.

Krisis

Krisis adalah bagian dimana masalah atau konflik muncul dalam sebuah teks anekdot.

Reaksi

Reaksi memuat langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada bagian krisis.

Koda

Koda adalah bagian yang membuat perubahan pada tokoh.

Re-orientasi

Bagian akhir atau penutup teks anekdot.


***

Kali ini ada sebuah contoh teks yang dibuat mengikuti struktur teks anekdot. Simak baik-baik dan perhatikan setiap detil cerita.

Murid Pintar


Di dalam sebuah kelas, bu guru sedang menanyakan kepada murid-muridnya mengenai ciri-ciri murid pintar.

Bu Guru : “Anak-anak siapa yang tahu ciri-ciri murid yang pintar?. Yang bisa jawab dapat nilai tambahan lo!”

Murid : “Saya bu tahu. Murid yang pintar itu yang selalu dapat nilai bagus karena rajin menyontek.”


Bu Guru : “Lah kok menyontek, itu maksudnya bagaimana?”

Murid : “Iya kalau kita rajin menyontek hasilnya pasti bagus-bagus semua bu. Contohnya kita bisa menyontek mobil buatan luar negeri. Kan canggih-canggih semua tuh.”

Bu Guru : “Wah, ada benarnya juga kamu. Kalau begitu kamu yang rajin ya menyonteknya.”

Murid : “Beres bu, besok saya dan teman-teman akan saling menyontek kalau ada ujian. Biar kita semua jadi murid yang pintar.”

Seraya meringis, dalam hati Bu guru bergumam “Kampreet beneerrr”.

Itulah penjelasan serta contoh teks anekdot. Semoga penjelasan yang disajikan dapat bermanfaat untuk Anda serta menambah referensi untuk membuat cerita yang menarik. Kembangkan ide yang ada menjadi sebuah teks anekdot yang menarik. (Admin Gubanesia)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Teks Anekdot Lengkap"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.