Struktur Teks Negosiasi Lengkap

Struktur Teks Negosiasi Lengkap
Gambar Ilustrasi
Tawar-menawar sudah tidak asing dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika Anda pergi ke pasar atau kios, Anda akan menawar sampai menemukan harga yang sesuai. Istilah ini sering disebut sebagai negosiasi. Ternyata dari sebuah negosiasi ini bisa dibuat dalam bentuk teks negosiasi.

Teks negosiasi adalah bentuk interaksi yang dituangkan dalam bentuk tulisan bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara pihak-pihak yang mengadakan kerjasama atau memiliki kepentingan tertentu. Dalam membuat teks negosiasi ada beberapa kaidah penulisan yang harus diperhatikan. Anda perlu memahami struktur teks negosiasi dengan baik. Dengan menggunakan struktur, Anda lebih mudah untuk menyampaikan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.

Apakah tidak sebaiknya bernegosiasi secara lisan?

Tentu saja bisa namun dalam situasi tertentu teks negosiasi tetap diperlukan. Apalagi jika kesepakatan yang dicapai cukup beresiko misalnya saja negosiasi jual beli tanah. Apabila hanya mengandalkan negosiasi lisan, maka tiap pihak tidak akan memiliki catatan yang bisa disimpan sehingga ketika terjadi permasalahan maka dikhawatirkan kedua belah pihak akan saling menyalahkan. Oleh sebab itu teks negosiasi bertujuan untuk membantu pencapaian kesepakatan yang telah dibuat dengan menyamakan persepsi, pengertian dan persetujuan. Selain itu teks ini dibuat untuk menciptakan kondisi yang saling menguntungkan. Agar tampak sempurna maka setiap teks yang disusun harus mengikuti struktur teks negosiasi yang benar. Struktur ini dapat dipahami dengan baik melalui serangkaian teori dan praktek untuk mengasah kemampuan menulisnya.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh apabila Anda mengacu pada struktur teks negosiasi. Manfaat yang dirasakan adalah kemampuan menulis teks ini semakin bertambah. Kesepakatan yang telah dibuat pun bisa dipastikan akan tercapai. Selain itu sengketa yang dihadapi juga dapat terselesaikan sampai tuntas.

Dengan demikian jalinan diantara pihak yang bekerjasama saling erat. Nantinya Anda dapat melakukan negosiasi tidak hanya antar individu tetapi juga antar instansi atau badan usaha. Sekarang memiliki keahlian teks negosiasi tidak bisa dianggap sebelah mata. Sudah banyak profesi yang mengandalkan keahlian ini dengan penghasilan yang menggiurkan. Bila Anda tertarik, maka pelajarilah setiap bagiannya sehingga keahlian Anda  tidak perlu diragukan. 

Setidaknya ada tujuh struktur teks negosiasi yang perlu Anda pahami. Ketujuh struktur tersebut saling berkaitan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh dan tidak bisa dipisahkan. Berikut ketujuh struktur teks negosiasi tersebut:

Pertama Orientasi
Orientasi adalah kalimat pembuka atau perkenalan. Pada bagian ini biasanya berisi salam pembuka yang berfungsi untuk memulai negosiasi.

Kedua Permintaan
Pada bagian ini memuat penjelasan mengenai barang atau jasa yang akan atau ingin dibeli atau digunakan oleh calon pembeli/pengguna.

Ketiga Pemenuhan
Di bagian ini memuat penjelasan mengenai kesanggupan penjual untuk menyediakan barang atau jasa yang ingin dibeli/digunakan oleh pembeli/pengguna.

 Keempat Penawaran
Di bagian inilah terjadi proses tawar-menawar yang akan disepakati antara penjual/penyedia dengan pembeli/pengguna. Dengan kata lain pada bagian ini terjadi puncak negosiasi.

Kelima Persetujuan
Di bagian ini memuat penjelasan mengenai kesepakatan kedua belah pihak akan negosiasi yang telah disepakati.

Keenam Pembelian
Di bagian ini pembeli membuat keputusan untuk membeli atau menggunakan barang/jasa dari penjual/penyedia.

Ketujuh Penutup
Akhir dari teks negosiasi yang berisi salam penutup dan ucapan terima kasih. 

Struktur teks negosiasi di atas dapat membantu Anda untuk memulai menulis teks negosiasi yang dibutuhkan. Agar Anda memperoleh gambaran yang lebih jelas, di bawah ini ada sebuah contoh teks negosiasi singkat tentang perdagangan.

Putri sedang mencari laptop di sebuah toko elektronik. Disini terjadi negosiasi antara Putri sebagai pembeli dengan penjual laptop :

Putri : “Siang pak, saya mau beli laptop seri XX ada tidak?”

Penjual : “Oh ada mbak, di toko ini kami menjual segala macam merek dan seri laptop.”

Putri : “Kalau begitu kira-kira harganya berapa ya pak untuk laptop seri XX?”

Penjual : “Laptop yang seri XX harganya 2,5 juta mbak.”

Putri : “Hmm, bisa kurang nggak pak?”

Penjual : “Bisa mbak mau nawar berapa emang?”

Putri : “Kalau harganya 1 juta gimana pak?”

Penjual : “Wah, harganya terlalu murah mbak. Soalnya kualitasnya kan bagus apalagi seri XX masih tergolong baru.”

Putri : “Kalau jadi 1,4 juta gimana?”

Penjual : “Masih murah mbak. Saya lepas deh kalau mbak bayar 1, 85 juta.”

Putri : “Hmm oke deh pak saya ambil laptop seri XX, kalau begitu ini uangnya satu juta delapan ratus lima puluh ribunya.”

Penjual : “Oke mbak, saya ambil barangnya sekalian kuitansi.”

Putri : “Oke pak terima kasih.”

Itulah contoh teks negosiasi yang sering dijumpai. Contoh teks tersebut sudah mengikuti struktur penulisan yang benar. Anda bisa melihat dari awal sampai akhir, teks memiliki alur cerita yang tersusun rapi dan mudah dimengerti. Kini giliran Anda yang membuatnya sendiri. (Admin Gubanesia)


Baca Juga:


Contoh Teks Negosiasi



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Teks Negosiasi Lengkap"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.