Penjelasan Super Lengkap Teks Eksplanasi

teks eksplanasi
Gambar ilustrasi
Teks dalam disiplin Bahasa Indonesia sangatlah beragam. Ada banyak teks yang perlu diketahui oleh semua orang karena sangat berguna dalam sehari-hari dan salah satunya adalah Teks Eksplanasi. Apa yang dimaksud teks eksplanasi?
Bagaimanakah ciri-cirinya?
Semua serba-serbi dalam teks eksplanasi akan dijelaskan pada artikel ini. Dengan begitu, Anda yang sedang belajar jenis-jenis teks pada materi Bahasa Indonesia akan cepat mengerti terutama untuk teks eksplanasi.

Terutama untuk para pelajar, penjelasan teks eksplanasi disini sangat penting guna mendukung kemampuan Anda belajar Bahasa Indonesia secara lengkap dan bisa menuntaskan tugas studi Bahasa Indonesia dengan baik. Agar lebih mudah, penjelasan teks eksplanasi akan diberikan menjadi beberapa bagian mulai dari pengertian hingga kaidah dalam teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi diartikan sebagai teks yang menjelaskan bagaimana suatu kejadian baik yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, budaya politik dan lainnya yang ada didunia nyata. Teks ini sesuai namanya yang berasal dari kata serapan yaitu berupa penjelasan.

Sudah tentu seisi teks ini berisi penjelasan-penjelasan suatu topik masalah. Penjelasan yang biasa diberikan contohnya adalah suatu fenomena alam. Teks eksplanasi yang menjelaskan fenomena alam akan memberikan penjelasan terjadinya suatu fenomena alam misalnya terjadinya banjir.

Jenis teks eksplanasi ini memiliki isi teks yang akan menggambarkan hubungan sebab dan akibat serta proses yang berjalan. Dibalik sebuah teks eksplanasi yang telah dibagikan akan didapatkan ilmu, dan juga hikmah yang bisa dipetik.

Misalnya untuk teks eksplanasi fenomena banjir, kita akan menjadi tahu bagaimana bisa banjir bisa terjadi dan hikmahnya akan banyak orang yang tersadar apa saja yang bisa menyebabkan banjir sehingga bisa ikut mencegahnya. Teks jenis ini juga disebut sebagai teks yang mencerdaskan karena membuat orang yang tadinya tidak tahu bisa menjadi lebih tahu.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi
Seperti apakah teks yang bisa disebut teks eksplanasi?
  • ·        Fakta yang jujur

Teks eksplanasi bukanlah teks berita. Untuk teks eksplanasi ini hanya memuat tentang penjelasan lengkap yang bersumber pada fakta-fakat yang ada. Penulis atau pembuat teks eksplanasi harus secara jujur menjelaskan suatu topik mengenai fenomena apapun tanpa diberikan tambahan opini atau berita bohong.
  • ·        Keilmuan

Apakah semua teks yang berisi penjelasan merupakan teks ekplanasi? Dalam disiplin ilmu bahasa Indonesia tentu saja jawabannya tidak. Yang termasuk dalam teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan fenomena ilmiah dan berisi ilmu pengetahuan. Teks yang berisi penjelasan curahan hati atau penjelasan suatu mitos tentu bukan termasuk teks eksplanasi.
  • ·        Informatif

Teks eksplanasi yang dibuat berisi teks yang memberikan informasi penting untuk banyak orang.
  • ·        Netral Dan Tidak Mempengaruhi

Jenis teks eksplanasi tidak berusaha untuk membuat pembaca mempercayai atau menyetujui apa yang dibahas. Teks ini harus berisi penjelasan yang pasti, valid, penting dan ilmiah tanpa ada unsur mempengaruhi orang lain untuk percaya.
  • ·        Sistematika

Untuk urutan teksnya diawali dengan penjelasan umum, dilanjutkan dengan penjelasan sebab akibat, lalu ditutup dengan interpretasi.
·        Data yang akurat
Teks eksplanasi tidak bisa dibuat sembaragan. Karena bersifat teks penting yang menjelaskan suatu hal keilmuan yang bermanfaat, maka data yang diberikan atau penjelasan yang ada haruslah bersumber dari data yang akurat. Sumber data atau penjelasan bisa dari hasil penelitian, jurnal yang kredibilitasnya baik, atau bisa juga wawancara.

Penjelasan Sistematika Teks Eksplanasi
Untuk bisa membuat teks eksplanasi yang baik dan benar, dibutuhkan pemahaman mengenai sistematika teks yang benar. Walau dimungkinkan adanya perubahan pada urutan isi teks yang benar, namun hingga saat ini ada 3 bagian urutan teks eksplanasi yang baku dan masih dijadikan sumber materi bahasa Indonesia yaitu diawali dengan pernyataan umum, deretan penjelas hubungan sebab akibat, dan diakhiri interpretasi. Agar lebih paham, simaklah penjelasan teks eksplanasi berikut ini:
  • ·        Pernyataan Umum

Pada bagian pernyataan umum bisa dibilan kunci dari teks yang menarik. Ya, dibagian awal haruslah berisi pernyataan tentang apa dan mengapa fenomena yang akan dibahasa pada teks eksplanasi. Bukan hanya sekedar menyampaikan pernyataan, namun penting juga dibuat dengan penulisan yang menarik agar pembaca bersedia untuk terus membaca hingga akhir teks.
  • ·        Deretan Penjelas

Pada bagian kedua ini akan dijelaskan mengenai sebab akibat terkait pada fenomena yang dibahas. Apakah maksudnya? Bagian ini akan menjelaskan secara lebih rinci penyebab sebuah kejadian yang dibahas. Tentu, penjelasan penyebab yang rinci ini disertai data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Lalu selanjutnya tentu akan membahasa mengenai akibat yang ditimbulkan pada proses sebab yang tadi telah dijelaskan. Semua penjelasan sebab akibat di sini disini secara runtut atau sesuai dengan urutan waktu agar pembaca lebih mudah memahaminya.
  • ·        Interpretasi

Bagian terakhir berupa bagian penutup yang memuat tentang kesimpulan teks eksplanasi ini.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
Bagaimanakah kaidah kebahasaan teks eksplanasi? Teks eksplanasi dibuat dengan tujuan yang penting dan menjelaskan suatu hal yang juga penting. Maka dari itu, teks ini biasa menggunakan istilah ilmiah untuk mendukung penjelasan suatu hal yang diungkap. Kata kerja material dan kata kerja yang relasional juga digunakan dalam teks eksplanasi. Lalu yang ketiga, karena penjelasan di sini berisi urutan yang runtut mengenai sebab dan akibat maka teks ini kental dengan penggunaan kata penghubung atau konjungsi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Super Lengkap Teks Eksplanasi"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.