3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kids Zaman Now

3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kids Zaman Now

25 November 2017 hari guru. Mungkin para guru pernah mendapatkan ucapan selamat dari murid atau pun setangkai bunga yang berisi harapan dan doa?. Atau tidak sama sekali?. Jika tidak mendapatkan ucapan selamat, mungkin para guru pernah berkata, “ah anak-anak zaman sekarang tidak seperti zaman kita sekolah dulu”. Atau pernah mendengar orang tua mengeluh, “semenjak adanya warnet, nilai anak saya jelek” dan berbagai keluhan yang lain.


Jangan khawatir para guru dan orang tua. Ikuti 3 cara berikut ini dan lihatlah perubahan yang terjadi.


Jadilah Sahabat Bagi Kids Zaman Now

Cara ini jika dilakukan maka 30 % kenakalan siswa atau seorang anak bisa diatasi oleh guru dan orang tua. Mengapa?, perkembangan teknologi membuat komunikasi antara orang tua dan anak semakin jauh. Segala perhatian dari orang tua dilakukan melalui media komunikasi, seperti line atau whatsaap. Itu dilakukan dari jauh, semantara secara psikologis proses pertumbuhan seorang anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang sifatnya bertatapan langsung dari orang tua. Di sisi yang lain dengan adanya tuntutan kurikulum 2013 tugas-tugas sekolah sangat banyak bagi kidz zaman now. Jadi mereka membutukan suasana rileks saat di rumah bersama orang tua. Sehingga mereka bisa bercerita banyak hal tentang kegiatan-kegiatannya di sekolah. Hal yang samapun harus dilakukan oleh guru di sekolah, sebab dari rumah seorang siswa membawa banyak persoalan, mulai dari kurang perhatian karena tuntutan kerja dari orang tua, sampai masalah keluarga.


Jadi solusi yang terbaik untuk mendidik siswa-siswi zaman now adalah menjadi teman bagi mereka, bukan menjadi guru yang kiler atau orang tua yang galak. Menjadi teman bagi kidz zaman now maka kemungkinan mereka untuk terbuka dan menceritakan permasalahannya semakin besar. Dengan demikian sebagai orang tua dan guru bisa mengarahkannya kepada hal-hal yang lebih positif lagi.

Baca juga:

Tidak ada Anak yang Sulit, yang ada Hanya Orang Tua dan Guru yang Kesulitan Mendidik Anak


Orang Tua dan Guru Harus Gaul

Apakah kita harus membeli kamus gaul? Sama sekali tidak. Tetapi orang tua dan guru harus bisa mengenal sedkit istilah-istilah seperti, alay, kepo, sabi, agut. Supaya apa? agar tahu masalah apa yang dibicarakan oleh kidz zaman now, sehingga jika ada hal yang salah maka tugas orang tua dan guru adalah memperbaiki. Selain itu, dengan mengenal istilah gaul alah kidz zaman now siswa-siswi atau pun anak di rumah akan merasa lebih dekat dengan guru dan orang tuanya. Melalui kedekatan tersebut maka cara kita mendidik akan lebih diterima oleh mereka.

Baca juga



Orang Tua dan Guru Harus Akrab dengan Teknologi

Cara terakhir ini berlaku bagi orang tua dan guru yang kurang terbiasa menggunakan teknologi kekinian seperti instagram atau youtube. Mengapa ini penting?, bagi generasi Y yang lahir di era milenial, mereka sangat terbiasa menggunakan internet dan sosial media. Sebagai orang tua dan guru kita tidak tahu pergaulan anak di luar sekolah atau di luar rumah. Tetapi dengan menggunakan sosial media yang juga digunakan oleh kids zaman now kita bisa memantau aktifitas mereka di luar rumah dan di luar sekolah.

Baca juga:



Demikian 3 cara yang wajib dilakukan oleh orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam mendidik kidz zaman now. Lakukan dan lihatlah perubahan yang ditunjukan. Tidak ada anak yang sulit, yang ada hanya orang tua dan guru yang kesulitan mendidik anak. (Admin Gubanesia)



Baca juga:

3 Rahasia Guru yang Harus Diketahui oleh Siswa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kids Zaman Now"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.