Inilah Penjelasan Terlengkap Tentang Teks Prosedur

teks prosedur lengkap
Dalam materi Bahasa Indonesia akan dijumpai macam-macam teks dan salah satunya adalah Teks Prosedur. Apakah yang dimaksud dengan teks prosedur? Seperti apa tujuan, kaidah dan juga contohnya? Untuk membantu Anda menemukan kejelasan dari teks prosedur, di sini diberikan info lengkapnya. Penjelasan teks prosedur akan dibagi-bagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dipahami. Langsung saja, inilah dia penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Pengertian Teks Prosedur
Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang ada pada materi Bahasa Indonesia. Di dalam kelas akan diajarkan mengenai teks prosedur. Teks prosedur memiliki arti berupa teks yang berisi langkah-langkah untuk membuat atau melakukan sesuatu yang disusun secara runtut dan lengkap. Teks prosedur dibuat khusus yang berisi panduan untuk orang lain agar bisa membuat atau melakukan sesuatu.

Tujuan Teks Prosedur
Tujuan dibuatnya teks prosedur tentu saja untuk memperoleh hasil yang diinginkan oleh penulis. Artinya, setelah didengar atau dibaca oleh orang lain maka orang lain tersebut diharapkan bisa untuk membuat atau melakukan suatu hal yang dibagikan.
Tercapainya pembuatan sesuatu atau dilakukannya suatu hal tersebut bergantung pada kejelasan informasi yang ada pada teks prosedur. Jika sudah jelas dan lengkap serta memiliki urutan yang benar, maka selanjutnya hanya tinggal bergantung pada pendengar atau pembacanya.

Ciri-ciri Teks Prosedur
Karena merupakan sebuah teks yang memberikan arahan, maka jenis kalimat yang digunakan dalam teks prosedur adalah kalimat perintah atau kalimat imperatif. Agar bisa membuat teks prosedur yang enak dan jelas untuk dibaca, pelajari terlebih dahulu bagaimana caranya untuk bisa membuat kalimat perintah yang benar.
Kata kerja yang digunakan dalam teks prosedurpun merupakan kata kerja aktif. Sehingga akan lebih enak dibaca untuk sebuah teks yang berisi arahan atau perintah. Selain itu, ada juga ciri-ciri lainnya yang bisa diamati pada teks prosedur yang benar.
Ciri-ciri lainnya yaitu adanya kalimat penghubung, berisi keterangan cara, tempat, waktu yang jelas. Kalimat penghubung dibutuhkan untuk penjelasan urutan langkah yang harus dilakukan. Sedangkan keterangan yang jelas tentu saja diperlukan agar pembaca bisa memahami betul apa yang harus dikerjakan.

Macam-macam Teks Prosedur
Teks prosedur tidak hanya satu jenis saja. Dalam disiplin ilmu Bahasa Indonesia, teks prosedur dikenal menjadi 3 macam yang berbeda yaitu:
  • Teks Prosedur Sederhana
Teks prosedur sederhana diartikan sebagi teks yang mengarahkan pembaca untuk suatu hal yang sederhana. Artinya, hanya dengan dua atau tiga langkah saja sudah bisa untuk membuat atau melakukan sesuatu yang ingin dibagikan.
  • Teks Prosedur Kompleks
Sesuai namanya, teks prosedur ini merupakan teks prosedur yang lebih kompleks isinya. Terdapat banyak langkah atau urutan yang harus dikerjakan bahkan juga dijumpai sublangkah pada teks prosedur jenis ini.
  • Protokol
Teks prosedur ini dikenal dengan teks yang lebih mudah dimengerti banyak orang dan tidak terlalu rumit. Biasanya, teks jenis ini berkaitan erat dengan apa yang harus dikerjakan pada hal-hal kedinasan.

Kaidah Kebahasaan Pada Teks Prosedur
Selain jenis kalimat imperatif, pada teks prosedur juga memiliki jenis kalimat lainnya. Ya, tidak hanya berisi kalimat ajakan saja namun juga biasanya memuat jenis kalimat pernyataan untuk menjelaskan suatu pernyataan terlebih dahulu sebelum langkah-langkah yang dikerjakan. Bisa juga memuat kalimat interogratif atau pertanyaan untuk menanyakan suatu hal yang juga berada pada awal teks untuk konfirmasi.

Selain itu, pada teks prosedur juga berisi jenis kalimat verba material dan verbal tingkah laku. Verbal material berisi kalimat pendek bernadakan perintah seperti nyalakan kompor, iris bawang putih dan sebagainya. Lalu untuk verbal tingkah laku yaitu berupa kalimat yang menjelaskan tindakan apa yang harus dilakukan.
Teks prosedur dibuat dengan dominasi kalimat imperatif, untuk partisipan manusia, disusun singkat dengan kata aktif yang jelas dan singkat, serta memiliki kalimat penghubung dan poin-poin atau bilangan yang menandakan urutan langkah.

Contoh Teks Prosedur
Teks prosedur sangat mudah untuk dibuat dan dimengerti. Hal ini disebabkan banyak disekitar kita yang menggunakan jenis teks ini untuk menjelaskan langkah-langkah yang harus dikerjakan.
Contoh teks prosedur bisa dengan mudah kita cari dari buku materi Bahasa Indonesia, dari referensi di internet, atau juga dari produk-produk disekitar yang memberikan panduan khusus untuk tata cara pembuatan atau apa yang harus dilakukan. Untuk memberikan gambaran yang jelas, berikut ini diberikan sebuah teks prosedur pembuatan mie instan goreng.
Mie instan goreng merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang karena enak, murah dan mudah dibuat. Untuk Anda yang belum tahu bagaimana membuat mie instan, inilah dia caranya
  • Siapkan mie instan, sendok dan piring, kompor, panci, ari dan gunting.
  • Masak air 200 cc menggunakan panci hingga mendidih
  • Setelah mendidih, masukan mie instan pada panci dan tunggu hingga 3 menit
  • Sembari menunggu mie masak hingga matang, siapkan semua bumbu pada piring telah disiapkan.
  • Selanjutnya, tiriskan mie yang telah masak dan masukkan mie dalam piring tanpa menggunakan air rebusannya
  • Dan terakhir, aduk mie hingga menyatu dengan semua bumbu dan mie instan goreng siap untuk dimakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Penjelasan Terlengkap Tentang Teks Prosedur"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.