Materi UN dan USBN: Jawaban dan Penjelasan Soal Bahasa Indonesia

Materi UN dan USBN: Jawaban dan Penjelasan Soal Bahasa Indonesia
Siswa-siswi SMA Kanaan Jakarta sedang belajar mengerjakan latihan soal secara online/dokumentasi pribadi 
Jawaban E (Nomor 1)

Penjelasan:


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rentak berarti entakan kaki secara bersama-sama. Kata rentak pada paragraf ketiga kalimat tersebut menjadi landasan dalam penulisan kalimat berikutnya, yakni gerak kaki dalam kalimat poco-poco.

Catatan

Untuk memahami soal seperti ini, siswa-siswi diharapkan untuk banyak membaca, berdiskusi untuk memperoleh banyak kosa kata baru. Selanjutnya arti dari kosa kata tersebut dicek kembali makna yang sebenarnya pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jawaban B (Nomor 2)

Penjelasan:


Kalimat fakta dalam paragraf terdapat pada kalimat angka 1 dan 3. Kalimat yang mengandung fakta ditandai dengan penggunaan data pada kalimat tersebut.

Catatan

Untuk memahami soal seperti ini siswa-siswi diharapkan benar-benar memahami makna dari kata fakta.
Jawaban C (Nomor 3)

Penjelasan:


Gagasan pokok paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah alternatif berkebun di lahan sempit dengan hiroponik. Kemudian, gagasan pokok yang terdapat pada kalimat utama tersebut dikembangkan melalui kalimat-kalimat penjelas.

Catatan

Siswa-siswi bisa dengan mudah memahami soal tentang gagasan pokok, jika paham apa itu gagasan pokok.
Jawaban C (Nomor 4)

Penjelasan:


Kalimat penjelas tidak padu dalam paragraf tersebut adalah kalimat berangka 3. Kalimat tersebut tidak mempunyai keterkaitan dengan topik yang ditulis dalam paragraf, yakni vitamin B 12.

Catatan

Soal ini ada ada dua kata kunci yang perlu diketahui oleh siswa, pertama kalimat penjelas dan kedua kata tidak padu. Tidak padu artinya tidak sesuai. Jadi inti yang ditanyakan ialah kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut terdapat pada nomor berapa?
Jawaban A (Nomor 5)

Penjelasan:


Pronomina ini pada paragraf tersebut mengacu kepada udang ronggeng yang terdapat pada kalimat sebelumnya. Kalimat sebelumnya menjelaskan kebiasaan udang ronggeng.

Catatan


Ini menyangkut tata bahasa, kemungkinan akan sulit. Namun tingkat kesulitan akan berkurang atau bahkan tidak menemui kesulitan apapun jika siswa tahu apa itu pronomina.


Baca juga:


  1. Soal Ujian Nasional dan Penjelasannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi UN dan USBN: Jawaban dan Penjelasan Soal Bahasa Indonesia "

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.