Wali Kelas, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Dijamin Kelas Jadi Tertib

Wali Kelas, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Dijamin Kelas Jadi Tertib

Guru bangsa dan sidang pembaca yang terkasih, Kali ini saya akan membagikan tips sederhana untuk membuat kelas menjadi tertib dan teratur. Apa yang saya bagikan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai wali kelas di SMA Kanaan Jakarta. Mungkin karakter anak dan kondisi geografis akan mempengaruhi pola pikir dan tindakan seorang anak dalam kelas. Namun harapan saya semoga ini bisa menjadi semacam refrensi atau ide awal untuk menemukan teknik yang lebih baik dalam menciptakan kelas yang kondusif.

Berikut lima hal yang bisa dilakukan wali kelas pada kelas yang menjadi perwaliannya.

1.     Pilihlah anak Paling “Spesial” untuk Jadi Ketua Kelas

Yang saya maksud dengan anak “paling special” adalah anak yang mungkin dalam kelas tersebut menurut pengamatan bapak atau ibu guru wali kelas adalah biang dari kenakalan. Intinya pilihlah anak yang paling nakal di kelas tersebut jadi ketua kelas. Termasuk pengurus kelas yang lain. Pilihlah mereka yang dianggap oleh teman-temanya sebagai biang kerok keributan dalam kelas tersebut.

Pengalaman saya melakukan hal seperti ini, sangat berhasil (setidaknya menurut saya). Anak-anak tersebut merasa bahwa saya mempercayai mereka, dan mereka akan menjaga kepercayaan saya.
Perlu diketahui bahwa saya sangat mempercayai anak-anak tersebut.
Mereka memiliki energi lebih untuk membuat kelas menjadi tertib dan teratur, kuncinya adalah kepercayaan dan beri mereka kesempatan. Jangan takut kelas bapak ibu jadi kacau karena mereka, karena “kepala gengnya” sudah jadi pengurus, “dituntut” harus jadi panutan jadi siapa lagi yang akan buat keributan dalam kelas?  

Baca Juga:

Wali Kelas, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Dijamin Kelas Jadi Tertib

2.     Perlakukan Pengurus Kelas Sebagai Manusia

Maafkan saya rekan guru yang terkasih, saya mengatakan ini bukan untuk menggurui tetapi sekali lagi hanya berbagi pengalaman.
Langkah kedua adalah perlakukan pengurus kelas sebagai manusia. Maksud saya adalah pengurus tersebut diperlakukan sebagai rekan yang bertugas menjaga ketertiban kelas saat wali kelas atau guru yang lain tidak ada di kelas tersebut, maka perlakukan mereka sebagai manusia yang bisa dipercaya.
Cara yang biasa saya lakukan adalah, menyuruh dengan kata tolong dan mengakhiri dengan kata saya mempercayaimu.
“Minta tolong jaga ketertiban di kelas ya, soalnya guru jam pertama tidak masuk karena sakit. Ini ada tugas yang harus teman-teman selesaikan…., ”saya sangat mempercayai kalian untuk hal ini, terima kasih banyak atas bantuan rekan-rekan semua.   

Hal-hal seperti itu yang biasa saya lakukan, dan dari pengalaman saya banyak yang berhasil. Kuncinya saya memperlakukan murid saya sebagai rekan kerja. Sedikit catatan, tolong hindari kata-kata seperti ini,  
1)    Ini ada tugas yang harus kalian selesaikan. Pakailah kata ini ada tugas yang harus teman-teman selesaikan.
2)    Kamu jangan sampai jadi biang kerok di kelas ya. Pakailah kata ini dan ungkapan dengan lembut, saya percayakan semua ini kepada Sandi, mohon dibantu ya San.

Baca juga:

3.     Beri Apresiasi

Hal ketiga yang tidak kalah penting adalah beri apresiasi kepada pengurus kelas, hal-hal positif yang mereka lakukan. Sampaikan itu dengan tulus dan jujur di depan kelas. Hal yang sama pun dilakukan oleh seluruh anggota kelas, jika diantara mereka ada yang menjuarai kejuaraan apapun, atau melakukan hal positif apapun. Meski itu kecil dan seperti tidak bermakna, tetap berilah mereka pujian yang sama.

Catatan tambahan, saat perwalian tidak usah sampaikan secara umum kesalahan kelas atau kesalahan siswa tertentu di depan kelas. Apalagi sampai marah-marah dan membanting meja. Jangan lakukan itu karena hanya membuat anak jadi tidak bersimpati. Jika siswa-siswimu melakukan kesalahan, panggillah secara pribadi dan dengarlah penjelasannya. Jika salah perbaiki, jika kesalahan diulangi terus menerus beri hukuman yang mendidik.   

4.     Buat Aturan Kelas Secara Bersama-Sama

Buatlah aturan kelas secara bersama-sama. Ketentuan tentang boleh dan tidak boleh, jika melanggar hukumannya apa. Bagian ini biarlah siswa-siswi sendiri yang sepakati, tugas wali kelas hanya sebagai fasilitator dan penyimpul saja.  Catatan tambahan, jangan sampai wali kelas yang buat aturan sendiri.

5.     Tolong dilengkapi oleh sidang pembaca melalui kolom komentar agar menjadi lima.  

Demikian empat dari lima tips yang harus dilakukan oleh seorang wali kelas. Semoga bisa membantu dan berguna. Jangan lupa tambahkan komentar agar menjadi lima. Salam bagimu guru bangsa. (Admin Gubanesia)

Baca juga:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wali Kelas, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini Dijamin Kelas Jadi Tertib "

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.