Materi Memaknai Kata atau Istilah yang Dilengkapi dengan Contoh Soal dan Penjelasan


Kompotensi Dasar:

Membaca Nonsastra
Indikator: 

Memaknai Kata atau Istilah


Materi

Paragraf disusun dari kalimat-kalimat saling berkaitan. Kalimat dalam paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Saat menyusun paragraf, pemilihan kata atau istilah sangatlah penting. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.
           
Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata bermakna konotasi atau denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
           
 Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna leksikal. Makna leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Contoh Soal

Bacalah paragraf berikut !

Bank Indonesia  akan menetapkan batas maksimum dan standardisasi biaya isi ulang uang elektronik. Aturan ini bertujuan melindungi konseumen dan mendorong peningkatan volume penggunaan uang elektronik. Selama ini pengenaan biaya isi ulang uang elektronik tidak memiliki standaridsasi tertentu. Oleh karena itu, Bak Indonesia akan mengatur agar biaya isi ulang elektronik tidak melebihi batas maksimum yang ditetapkan.

Jawaban

Makna kata standardisasi pada paragraf tersebut adalah ...
A.    Penetapan
B.     Persamaan
C.     Pembakuan
D.    Pengukuran
E.     Penyeragaman

Jawaban: C

Penjelasan

Makna atau arti kata standisasi dalam KBBI adalah penyesuaian bentuk (ukuran, kualitas dan sebagainya) dengan pedoman (standar) yang ditetapkan;  pembakuan. Jadi jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

*** 

Contoh Soal

Bacalah paragraf berikut!

Kementrian Kesehatan (Kemkes) bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai melakukan simulasi penanggulangan pandemi infuenza.  Simulasi ini melibatkan sekira 9 pemangku kebijakan, seperti TNI, Polri, Badan Nasinonal Penanggulangan Bencana, perangkat pemerintah daerah, rumah sakit dan masyarakat lokal. Menteri kesehatan, Nila Djuwita Moeloek, yang membuka kegiatan pertama simulasi ini mengakatan bahwa penyebaran dan penularan flu burung (H5N1) masih terjadi di Indonesia. Flu babi (H1N1) atau virus jenis H7N9 juga masih dikawatirkan mewabah di Indonesia.

Jawaban

Makna istilah pandemi pada paragraf tersebut adalah ...
A.    Wabah
B.     Penyakit
C.     Serangan
D.    Penyebaran
E.     Infeksi

Jawaban: A

Penjelasan

Makna atau arti istilah pandemi dalam KBBI adalah wabah yang terjangkit serempak dimana-mana yang meliputi daerah geografi yang luas. Jadi jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Memaknai Kata atau Istilah yang Dilengkapi dengan Contoh Soal dan Penjelasan"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.