Tips Menemukan Contoh Berita Pendek

Tips Menemukan Contoh Berita Pendek
Gambar Ilustrasi (Dokumentasi pribadi)
Teks berita pendek memiliki sejumlah kriteria tertentu agar bisa dibilang berita pendek yang berkualitas baik. Bukan hanya tulisan yang berita sebuah fakta kejadian saja, berita juga harus enak untuk dibaca.
Di era ini, menemukan sebuah berita sangatlah mudah. Jika dahulu teks berita hanya bisa dicari dari koran atau media cetak lainnya, namun kini semua sudah serba digital dan sangat mudah untuk diakses.
Hanya berbekal dari ponsel pintar saja, semua orang bisa mencari berita dari sumber apapun, diakses dimanapun dan juga kapanpun.
Hal ini tentu saja menguntungkan bagi para penulis berita pemula. Mencari contoh berita menjadi sangat mudah, murah, dan bisa belajar banyak bagaimana berita yang berkualitas dari karya wartawan yang sudah berpengalaman.
Ketika ingin mencari contoh berita pendek yang baik, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Mudahnya, carilah berita pendek dari media cetak nasional yang pastinya sangat berkualitas.
Namun, sumber berita lokal misalnya koran daerah bukan berarti tidak bisa dijadikan contoh untuk belajar menulis berita. Asalkan berita tersebut memenuhi sejumlah kriteria sebuah berita yang berkualitas baik. Berikut ini merupakan kriteria berita pendek yang baik yang perlu Anda ketahui:
  • Berita tersebut haruslah sebuah teks yang menceritakan sebuah fakta dengan kejadian terbaru atau mudahnya sebuah berita yang faktual dan aktual.
  • Lalu, tulisan juga memenuhi standar 5W1H dan pola piramida terbalik disusun dengan benar.
  • Yang ketiga adalah soal bagaimana sebuah tulisan tersebut dibuat. Berita yang baik tidak disusun dari kata yang berlebihan, terlalu memelintir sebuah fakta, apalagi terang-terangan memihak suatu golongan. Berita yang baik harus jujur, berisi fakta dan opini yang bersih, dan dibuat oleh wartawan yang independen.
Mudahnya mendapatkan contoh berita pendek baik di media cetak maupun media digital dimasa sekarang seharusnya harus dimanfaatkan dengan baik. Terutama untuk Anda yang ingin berkarir di dunia jurnalistik, sering membaca berita berkualitas dan terus mencoba menulis berita yang benar juga harus terus dilakukan. Ketika terus-menerus berusaha, nantinya akan terbiasa menulis berita dengan cepat dan memenuhi kriteria berita pendek yang baik serta tentu enak dibaca.

Baca juga: Tips Menulis Berita di Media Cetak untuk Pemula

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menemukan Contoh Berita Pendek"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.