Tips Menulis Berita di Media Cetak untuk Pemula

Tips Menulis Berita di Media Cetak untuk Pemula
Gambar ilustrasi/Dokumentasi pribadi
Belajar menulis berita yang baik adalah kewajiban bagi setiap wartawan pemula. Bukan hanya sekedar bisa membuat tulisan saja, namun perlu juga diketahui tips mendasar untuk bisa menulis berita dengan baik dan benar.

Terlebih untuk sebuah berita yang akan diterbitkan oleh media cetak, tulisan yang ada haruslah sudah diolah menjadi sekumpulan kata yang informative dan juga enak untuk dibaca. Jika Anda termasuk pemula dalam dunia jurnalistik dan ingin bisa menulis berita yang berkualitas, ketahuilah tips menulis berita untuk media cetak berikut ini.

Tips menulis berita di media cetak untuk pemula ada 5 hal penting yang semuanya harus dipahami. Apa sajakah tipsnya?

  • 5W1H

Tips pertama adalah pelajari bagaimana formula 5W1H dengan baik. Utamakan pada what dan who terlebih dahulu baru penjelasan when, where, dan how.

  • Piramida Terbalik

Pahami juga bagaimana format penulisan piramida terbaik. Piramida terbalik di sini memiliki makna bahwa berita yang baik dimulai dari isi tulisan yang penting diawal dan terus turun tingkat kepentingannya hingga akhir paragraf.

  • Tulisan yang Jujur

Lalu tips yang ketiga adalah soal kejujuran tulisan. Berita yang baik tidaklah memelintir sebuah kejadian. Bagian fakta harus dituliskan apa adanya. Lalu untuk bagian opini penulis, harus ditulis di alinea yang terpisah agar pembaca tidak kebingungan membedakan mana yang fakta dan mana yang opini.

  • Proporsional

Selanjutnya tips keempat untuk menjadi penulis berita media cetak adalah menulis dengan secara proporsional. Serorang penulis berita dilarang menulis sebuah fakta kejadian dan menumpahkan opininya secara berlebihan dan juga memihak.

  • Menulis Dengan Fokus

Dan tips yang terakhir adalah fokus pada berita. Jangan sampai, penulisan berita yang berkualitas hanya pada bagian awal saja lalu melebar terlalu jauh pada bagian akhir berita. Penulisan yang tidak fokus pada inti berita bisa membuat pembaca menjadi melupakan sisi baik dari tulisan yang telah dibuat.

Itulah tadi tips untuk bisa menulis berita yang baik agar bisa dimuat di media cetak. Bagi para pemula, berlatihlah menulis secara giat agar nantinya terbiasa selalu menulis berita yang berkualitas. Jangan lupa juga untuk selalu menghindari tindak plagiasi yang sangat berlawanan dari kode etik jurnalistik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menulis Berita di Media Cetak untuk Pemula "

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.