7 Manfaat Mengikuti Eskul Jurnalisitik Di Sekolah yang Perlu Kamu Tahu

7 Manfaat Mengikuti Eskul Jurnalisitik Di Sekolah yang Perlu Kamu Tahu
gambar ilustrasi

Gubanesia. Masa muda sebaiknya digunakan untuk kegitan yang positif. Ya, masa-masa sekolah dikatakan memang masa yang menyenangkan. Tetapi tidak seharusnya, para siswa terlalu menganggap mudah masa depan hanya karena belum datang.
Jika Anda memiliki kegemaran dalam menulis atau memiliki hasrat untuk bisa menulis, bergabunglah pada ekstrakulikuler jurnalistik di sekolah. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler (atau biasa disebut eskul) jurnalistik adalah salah satu keputusan yang baik saat sekolah. Karena dengan bergabung dengan eskul jurnalistik akan didapatkan sejumlah manfaat.

Eskul jurnalistik biasanya memang bukan eskul yang paling diminati oleh siswa. Umumnya, banyak siswa yang lebih memilih eskul olahraga atau yang berkaitan dengan seni. Mereka yang tidak memilih eskul jurnalistik biasanya karena memilih eskul lain yang terlihat seru dan tidak membebani.

Banyak siswa yang tidak ingin kembali memutar otak selain saat sedang jam sekolah dan menilai eskul jurnalistik merupakan eskul yang berat. Namun ternyata, siswa-siswi yang mengikuti eskul jurnalistik akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak.
Setidaknya ada 7 manfaat yang akan didapat ketika memilih mengikuti eskul jurnalistik di sekolah. Apa sajakah ketujuh manfaat tersebut?

Pertama Ilmu Kepenulisan

Manfaat nyata yang akan didapatkan tentu saja ilmu kepenulisan. Eskul jurnalistik biasanya akan mendapatkan arahan ekstra untuk bisa menulis dengan baik sesuai dengan kebutuhan. Pembimbing eskul jurnalistik biasanya merupakan seorang penggiat dunia jurnalistik atau juga guru Bahasa Indonesia yang memahami betul bagaimana dunia jurnalistik.

Kedua Bermanfaat Untuk Orang Banyak

Melalui sebuah karya jurnalistik, misalnya membuat sebuah berita, maka sudah termasuk bermanfaat bagi orang lain. Orang lain yang tadinya tidak tahu tentang suatu hal penting, bisa menjadi tahu hanya karena sebuah berita dibuat oleh anggota eskul jurnalistik.

Bukan hanya untuk kalangan siswa dan lingkup sekolah saja, bahkan bisa juga mentargetkan sebuah berita untuk masyarakat luas.

Ketiga Berlatih Berbaur Dengan Banyak Orang

Kemampuan bersosialisasi seseorang akan sangat berguna dimanapun dan kapanpun. Persiapan untuk bisa sukses tidak hanya dari sisi akademis saja, namun kemampuan lain seperti kemampuan berbaur dengan sekitar juga perlu dimilliki.
Dengan mengikuti ekstrakulikuler, siswa bisa berlatih meningkatkan kemampuan untuk bersosialisasi dengan banyak orang misalnya dengan sesama anggota eskul yang berbeda kelas atau juga berbeda tingkat.

Keempat Modal Masa Depan

Bidang kepenulisan berita juga bisa menjadi opsi untuk berkarir. Menyiapkan masa depan tidak hanya ketika nanti susah selesai menempuh masa studi di sekolah atau juga ketika telah selesai kuliah. Dengan mulai belajar di eskul jurnalistik, sangat dimungkinkan nantinya bisa memiliki karir yang cemerlang di dunia jurnalistrik sesungguhnya.

Kelima Mendapatkan Banyak Teman Dengan Minat yang Sama

Pasti menyenangkan memiliki teman yang akan saling mendukung pada minat yang sama. Semua siswa pasti memiliki teman di sekolah. Namun tidak semuanya bisa mendukung dan saling membantu untuk suatu minat yang sama.

Keenam Melatih Tanggungjawab dan Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Ketika berbaur dengan banyak orang dan bergabung pada suatu wadah, nantinya pasti ada pembagian tanggungjawab dan porsi memimpin baik secara struktural maupun ketika sedang menghadapi sebuah program kerja. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget ketika nanti terjun dimasyarakat atau ketika sudah bekerja.

Ketujuh Mencari Penghasilan Saat Sekolah

Siapa bilang siswa sekolahan tidak bisa menghasilkan uang?
Dengan tekun dan terus menimba ilmu di eskul jurnalistik, Anda bisa juga dihantarkan pada pekerjaan yang bisa menambah uang jajan dan tabungan.

Ya, ketika sudah memiliki ilmu jurnalistik dan pengalaman membuat berita atau tulisan maka bisa dimungkinkan untuk bekerja paruh waktu di luar sekolah yang menguntungkan dan tidak mengganggu belajar.

Demikian tujuh manfaat lain dari kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di sekolah. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Mengikuti Eskul Jurnalisitik Di Sekolah yang Perlu Kamu Tahu"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.