Solid Tidak Sebatas Kata Melainkan Sebuah Rasa: Catatan Refleksi Vincent Lukito

Solid Tidak Sebatas Kata Melainkan Sebuah Rasa: Catatan Refleksi Vincent Lukito
Solid versi penulis (Vincent Lukito) ada dalam kebersamaan/dokumentasi pribadi


Perlu rasa kebersamaan yang kuat  dari hati yang paling dalam untuk mewujudkan kata solid. Bukan hanya kata tetapi nyata dalam perbuatan.*VL*

Character camp adalah kegiatan wajib untuk menyadarkan siswa sebagai manusia sosial  yang bermatabat dan memiliki daya juang. Kegitan ini dilaksanakan di Gunung pancar pada tanggal  23- 24  April 2018. Ini bukan hanya sekedar perkemahan “ abal-abal”. Akan tetapu punya tujuan membangun character siswa dari dalam diri siswa itu sendiri.

Kesan sederhana mengenai kegiatan ini muncul di benak saya, ketika harus membantu teman yang jatuh karena licinnya jalan dan sendal mahalnya yang ia pakai. Awal kejadian tersebut hanya menjadi gelak tawa bagi siapa saja yang melihat. Akan tetapi saya dapat belajar satu hal bahwa pentingnya tolong- menolong terhadap sesama.

Beberapa peristiwa yang membuat saya teringat adalah ketika saya harus dikorbankan untuk permainan dalam pos. Awalnya saya cuek dengan hal itu. Akan tetapi, saya harus menguburkan ego untuk kepentingan bersama. Dalam setiap pos yang diadakan, saya harus mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Lelah, bosan, binggung. Persaaan itu yang mewakili dalam diri saya. Terkadang saya bertanya pada diri sendiri dan kepada teman; mengapa kegiatan ini harus diadakan. Kegiatan ini diharapkan agar ketika siswa pulang dari Gunung Pancar, siswa akan mendapatkan sebuah hasil.

Pelajaran terpenting yang saya dapatkan adalah komunikasi dengan teman. Terlihat sederhana bagi orang –orang yag memandang. Akan tetapi, itu sebuah kesulitan yang paling mendasar. Tanpa komunikasi yang baik maka kebersmaan pun tak dapat diraih, contoh kasus yang paling saya ingat adalah ketika tangan kami harus diikat dengan sebuah tali dan kami harus makan dengan kondisi tangan  teerikat. Terkadang apa yang saya rasakan belum tentu sama dengan apa yang teman saya rasakan.

Perlu rasa kebersamaan yang kuat bukan hanya berbicara saja, akan tetapi melalui sebuah hati yang diwujudkan dalam perbuaatan. – Vincent Lukito*

Solid Tidak Sebatas Kata Melainkan Sebuah Rasa: Catatan Refleksi Vincent Lukito
Persiapan sebelum ke lokasi yang dilakukan oleh penulis (vincent Lukito) dan rekan/dokumentasi pribadi 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solid Tidak Sebatas Kata Melainkan Sebuah Rasa: Catatan Refleksi Vincent Lukito "

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.