Tentang Gubanesia

Gubanesia artinya guru Bahasa Indonesia. Martin Karakabu* adalah admin dan penulis blog Gubanesia.Com. Saya seorang guru Bahasa Indonesia, saat ini mengajar di SMA Kristen Kanaan Jakarta sejak tahun 2013.  

  1. Lahir di Detunglikong, Kab Sikka, Maumere, Flores NTT. Usia 5 tahun mengikuti orang tua merantau di Jayapura, Propinsi Papua. 
  2. Menyelesaikan pendidikan mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi di Kota Jayapura - Papua. Mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cenderawasih (Uncen). 
  3. Lulus tahun 2008. Setelah lulus bekerja sebagai wartawan Tabloid JUBI selama 1 tahun. Tahun 2009 akhir bekerja sebagai staf lapangan Wahana Visi Indonesia, ADP Keerom selama 2 tahun. Tahun 2011 menjadi guru di SMP Negeri 1 Fef Kabupaten Tambrauw Papua Barat sampai Mei 2013. 
  4. Juni 2013 pindah ke Jakarta, dan Juli 2013 mengajar di SMA Kristen Kanaan Jakarta sampai saat ini.

Martin Karakabu* adalah seorang guru kampung, jauh dari kata hebat. Setiap hari selalu belajar dari anak murid, dan selalu mencari tahu ‘apa’ hakekat guru sejati dari guru-guru hebat di tempatnya mengajar. 

KONTEN BLOG GUBANESIA 

Sesuai dengan namanya Gubanesia yang artinya Guru Bahas Indonesia. Maka isi blog ini secara garis besar tentang pendidikan. Capukannya adalah sebagai berikut:
  1. Materi pelajaran Bahasa Indonesia.
  2. Opini penulis tentang pendidikan.
  3. Tips dan trik tentang kegiatan belajar mengajar versi penulis (berdasarkan pengalaman menjadi guru).
  4. Literasi siswa. 

TUJUAN : 

Blog ini hadir sejak Agustus 2016.Tujuan saya hadirkan blog ini adalah sebagai berikut: 

  1. Sebagai usaha sederhana untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia yang kreatif, inovatif, dan menarik minat siswa. Sebab generasi Z (baca: murid) adalah generasi yang hidup di era digital. Dimana teknologi menjadi sarana bagi mereka untuk berkomunikasi dan belajar. 
  2. Dokumen digital yang berfungsi untuk menyimpan materi mengajar.
  3. Berbagi karena memberi lebih baik daripada menerima. Semangatnya adalah 'menularkan virus' menulis pada siswa-siswi. 
  4. Wadah saya belajar sebelum mengajar.


TESTIMONI SISWA 

Tentang Gubanesia
Saat saya membimbing anak membuat blog dan menulis artikel/Dokumentasi pribadi 

Makasi ya pakk ud ngajarin saya setaun ini, sebenernya saya berterimakasih sama bapak bukan karna bapak ngajarin saya B I doangg, 
Tentang Gubanesia
Sebuah kejutan dihari ulang tahunku dari para murid kelas XI IPS 2/Dokumentasi pribadi

banyak pak guru BI dimana mana tapi buat jadi wali kelas sekaligus pembimbing dan pendengar yg baik itu ga semua orang bisa pak, tapi bapak bisa!. 

Baca juga: 


Tentang Gubanesia
Bahagia karena berhasil mengantarkan murid-muridku di SMA Kanaan Jakarta menjadi juara satu kompetisi debat di Universitas Kwik Kian Gie/Dokumentasi pribadi
Terima kasih juga uda bikin saya juara 1 di KKG kemaren, ya mungkin emang banyak org yg berperann, ga cuma bapak. tapi kalo bapak ga paksa saya buat ikut lomba saya gatau pak kalo ternyata saya bisa. selamat pak, bapak sudah menjadi guru kampung yang dicintai lewat cara bapak. 

Baca juga:



Tentang Gubanesia
Ini adalah saat yang membahagiakan buat saya saat siwa-siswi yang "tidak dianggap" saya pilih mengikuti lomba debat dan mereka jadi juara/Dokumentasi pribadi

*** 
Pak martin... saya mau ngmg serius deh sm bapak. ya mgkin ini sedikit lebay tp gpp lah ya pak wkwk. nih pak. saya berterima kasih bgtttttttt pak sama bapaakkkk. makasi buat 1 taunnya bapa uda ngedidik saya dari awal kelas 10 smpe sekarang. saya jg makasi bangettt sama Tuhan soalnya Tuhan bs temuin saya sama org yang kaya bapak. saya bersyukur bgt bs ktmu org kaya bapak. 
tp bener deh pak, seumur2 sya bru prtama kali ketemu guru yg kaya bapak. bapa tuh bs jdi inspirasi saya bgt. klo mau jujur ya pak, bapa bener2 guru favorit saya pak. wali kelas paling the best!!!!! guru paling the besttt!!! bapa yg bisa buat saya tenang. bapa yg bisa buat saya jd lebi dewasa. bapa yg slalu kasi solusi klo saya ada masalah. ya jujur aja pak klo emg gada bapak jg saya kayanya ga berubah. 

Baca juga:


Tentang Gubanesia
Tim Jurnalistik SMA Kanaan Jakarta, tempat saya menularkan virus menulis kepada anak muridku yang terkasih/Dokumentasi pribadi
saya itu tipe org yang bodo amat pak. tp semenjak ada bapak, saya bs belajar sedikit2 jd org yg tanggung jawab, jdi lebi disiplin. Maap pak klo lebay tp ini serius bapak bener2 guru kesukaan saya bangeettttt!!. Dah yaaa pakk cape ngetiknyaa bye pak thankyouuuuu!!

Baca juga: 





Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa kembali.

0 Response to "Tentang Gubanesia"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.