Tentang

GUBANESIA BLOG MAKAR

Makar merupakan bentuk pendek dari Martin Karakabu. Admin dan penulis blog Gubanesia.Com. Saya seorang guru yang mengajar Bahasa Indonesia di SMA Kristen Kanaan Jakarta. Gubanesia artinya guru Bahasa Indonesia.
Martin Karakabu 
Guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta


Lahir di Detunglikong, Kab Sikka, Maumere, Flores NTT. Usia 5 tahun mengikuti orang tua merantau di Jayapura, Propinsi Papua. 

Menyelesaikan pendidikan mulai Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi di Kota Jayapura - Papua. Mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cenderawasih (Uncen). 

Lulus tahun 2008. Setelah lulus bekerja sebagai wartawan Tabloid JUBI selama 1 tahun. Tahun 2009 akhir bekerja sebagai staf lapangan Wahana Visi Indonesia, ADP Keerom selama 2 tahun. Tahun 2011 menjadi guru di SMP Negeri 1 Fef Kabupaten Tambrauw Papua Barat sampai Mei 2013. 

Juni 2013 pindah ke Jakarta, dan Juli 2013 mengajar di SMA Kristen Kanaan Jakarta sampai saat ini. 


Martin Karakabu adalah seorang guru kampung biasa, jauh dari kata hebat apalagi berprestasi. Setiap hari selalu belajar dari anak murid, dan setiap saat selalu mencari tahu ‘apa’ hakekat guru sejati itu dari para guru hebat di tempatnya mengajar dan pendidik inspiratif yang ditemui di mana saja. 



Di waktu luang saya belajar menulis. Ada 3 blog tempat saja belajar menulis dan melatih nalar agar tidak lupa oleh zaman. 

Pertama blog yang saya beri nama Martin Karakabu, ini adalah wadah saya “berbicara” tentang pendidikan versi saya. Intinya semua tentang pendidikan menurut versi guru kampung seperti saya ada di sini. 

Kedua blog yang saya beri nama cape makar. Singkatan dari catatan perjalanan Martin Karakabu. 

Blog ini merupakan wadah saya untuk “melihat” kembali jejak kaki yang telah saya lalui, kemudian mencoba refleksikan kembali sambil mempersiapkan catatan masa depan. Sekiranya itulah sekilas tentang cape makar. 

Jika tertarik bisa klik dan baca. 

Selanjutnya adalah gubanesia yang saat ini anda baca. 

Gubanesia yang berarti guru Bahasa Indonesia. Jadi isinyapun seputar materi Bahasa Indonesia kurang lebih 80 presentasenya, seputar siswa-siswi, dan soal profesi guru sisanya. 


Blog-blog tersebut hadir, hanyalah upaya untuk terus belajar, berbagi ilmu pengetahuan dan informasi semata. Setidaknya untuk mengurangi lupa karena usia tua. 

Harapan saya semoga catatan-catatan pemikiran dari guru kampung macam saya semoga bisa bermanfaat bagi sidang pembaca sekalian.

TUJUAN : 

Blog ini hadir sejak Agustus 2016, sama dengan blog cape makar. 

Tujuan saya hadirkan blog ini adalah sebagai berikut: 

  1. Sebagai usaha sederhana dari guru kampung untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia yang kreatif, inovatif, dan menarik minat siswa. Sebab generasi (baca: murid) adalah generasi z yang hidup di era digital. Dimana teknologi menjadi sarana bagi mereka untuk berkomunikasi, belajar, dan akses beraktifitas.
  2. Dokumen digital yang berfungsi untuk menyimpan materi mengajar dan dilandasi oleh semangat berbagi tentang ilmu pengetahuan, yang sekiranya bisa berguna bagi sesama guru Bahasa Indonesia dan refrensi tugas sekolah bagi siswa. 
  3. Belajar menulis karena guru kampung harus banyak belajar. Selain itu hakekat guru adalah belajar sebelum mengajar, jadi inilah tempat atau wadah saya belajar sebelum mengajar.

TESTIMONI SISWA 

Makasi ya pakk ud ngajarin saya setaun ini, sebenernya saya berterimakasih sama bapak bukan karna bapak ngajarin saya B I doangg, 


banyak pak guru BI dimana mana tapi buat jadi wali kelas sekaligus pembimbing dan pendengar yg baik itu ga semua orang bisa pak, tapi bapak bisa!. 



Terima kasih juga uda bikin saya juara 1 di KKG kemaren, ya mungkin emang banyak org yg berperann, ga cuma bapak. tapi kalo bapak ga paksa saya buat ikut lomba saya gatau pak kalo ternyata saya bisa. selamat pak, bapak sudah menjadi guru kampung yang dicintai lewat cara bapak. 
 *** 

 Pak martin... saya mau ngmg serius deh sm bapak. ya mgkin ini sedikit lebay tp gpp lah ya pak wkwk. nih pak. saya berterima kasih bgtttttttt pak sama bapaakkkk. makasi buat 1 taunnya bapa uda ngedidik saya dari awal kelas 10 smpe sekarang. saya jg makasi bangettt sama Tuhan soalnya Tuhan bs temuin saya sama org yang kaya bapak. saya bersyukur bgt bs ktmu org kaya bapak. 



tp bener deh pak, seumur2 sya bru prtama kali ketemu guru yg kaya bapak. bapa tuh bs jdi inspirasi saya bgt. klo mau jujur ya pak, bapa bener2 guru favorit saya pak. wali kelas paling the best!!!!! guru paling the besttt!!! bapa yg bisa buat saya tenang. bapa yg bisa buat saya jd lebi dewasa. bapa yg slalu kasi solusi klo saya ada masalah. ya jujur aja pak klo emg gada bapak jg saya kayanya ga berubah. 



saya itu tipe org yang bodo amat pak. tp semenjak ada bapak, saya bs belajar sedikit2 jd org yg tanggung jawab, jdi lebi disiplin. Maap pak klo lebay tp ini serius bapak bener2 guru kesukaan saya bangeettttt!!. Dah yaaa pakk cape ngetiknyaa bye pak thankyouuuuu!!


Terima kasih telah berkunjung jangan lupa ikuti saya di
Jika ingin kontak admin secara personal, bisa melalui formulir kontak di bawah ini.





0 Response to "Tentang"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.