BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

 


Soal Esai Bahasa Indonesia Kelas X SMA

Soal Esai Bahasa Indonesia Kelas X SMA
Anak - anak terkasih, soal esai berikut bisa digunakan untuk latihan menjelang Ujian Akhir Semester (PAS). Silakan dikerjakan secara mandiri.  

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!

Cermati teks negosiasi berikut!


(1)Guru : Ikbal, bagaimana rencana ujian praktik bahasa Indonesia secara daring, apakah semua temanmu setuju menggunakan Zoom?


Ketua Kelas XII : Saya sudah berbicara dengan teman-teman di grup kelas bu, sebagian besar tidak setuju jika ujian praktik menggunakan Zoom


(2)Guru :Wah, mengapa bisa begitu?

Ketua Kelas XII : Kalau Zoom kata teman – teman banyak kuota data yang terpakai dan ekonomi orang tua sedang sulit karena dampak dari pandemi Covid-19.


(3)Guru :Tapi Ikbal, kalian semua dapat kuota data gratis dari pemerintah kan?

Ketua Kelas 12 : Tidak semua anak dapat bu, termasuk saya.


(4)Guru :Aduh kita akan ujian praktik tentang pidato dan Ibu harus melihat penampilan kalian!

Ketua Kelas 12: Begini saja bu, bagaimana kalau saya dan teman – teman kelas XII membuat video tentang pidato dan kirim ke ibu melalui email.


(5)Guru :Berarti tidak ada penontonnya, dong, lalu bagaimana Ibu bisa menilai keberanian kalian dalam berbicara di depan orang banyak?

Ketua Kelas 12: Atau bagaimana kalau ujian praktik bahasa Indonesia kita gunakan google meet saja Bu. Google meet itu tidak terlalu banyak kuota data yang dikeluarkan.


(6)Guru :Oh baiklah kalau begitu. Sekarang, tolong kamu sampaikan ke teman – teman kamu, ya!

Ketua kelas XII: Baik, Bu, Siap!



1. Berdasarkan teks negoisiasi tersebut, bagian persetujuan terdapat pada nomor __________


Cermati teks berikut!


(1)Kegiatan belajar dan mengajar dari rumah karena pandemi covid 19 memilik dampak positif bagi guru dan peserta didik. (2) Guru bisa belajar hal baru yang berkaitan dengan teknologi sebagai media belajar dan peserta didik bisa lebih dekat dengan keluarga. (3) Metode ceramah bagi seorang guru itu sudah biasa, tetapi menggunakan zoom sebagai media belajar tentu hal yang baru. (4) Bagi peserta didik yang memiliki kreativitas tingkat tinggi, berada di rumah tentunya memiliki banyak waktu untuk terus berkarya. (5) “Mari kita menanggapi pandemic covid 19 ini dengan pikiran positif, sehingga imun tubuh tetap stabil”. 



2. Penggunaan tanda baca yang tidak tepat, terdapat pada nomor  _______


Perhatikan paragraf-paragraf berikut!


(1) Belajar online memungkinkan peserta didik untuk belajar dari berbagai sumber belajar. Internet, buku, atau video youtube. Tugas guru hanyalah fasilitator. Hal ini sesuai dengan amanat kurikulum 2013. 

(2) Covid 19 tidak menghalangi guru dan murid untuk belajar dan mengajar. Akan tetapi, kebijakan pemerintah yang tidak memperbolehkan untuk  berkumpul dalam skala besar jadi masalah. Bagaimana bisa belajar jika tidak ada yang mengajar. Sebaliknya bagaiaman bisa mengajar jika tidak ada yang yang diajar karena murid di rumah. 

(3) Belajar online jadi solusi alternatif dari permasalahan tersebut. Ruang dan waktu tidak jadi penghalang untuk belajar. Belajar bisa kapan saja dan di mana saja. Masalah bisa jadi solusi, termasuk masalah dalam dunia pendidikan di masa pandemi covid 19.



3. Agar menjadi paragraf yang padu, susunan paragraf yang tepat adalah nomor  _________


Cermati judul berikut!


Pendidikan Karakter dengan Memajukan Kebudayaan Lokal



4. Kembangkanlah judul berikut menjadi kerangka karangan yang terdiri atas 5 pikiran utama!


Cermati kata-kata kunci berikut!


matahari – pelita – cahaya – kehidupan  


5. Buatlah sebuah puisi singkat sebanyak 4 baris berdasarkan kata-kata kunci tersebut!


Jangan lupa baca juga soal pilihan ganda Bahasa Indonesia Kelas X SMA

Artikel Terkait
Martin Ruma
Guru Bahasa Indonesia di SMA Kasih Karunia Jakarta. Email martinrumaweb@gmail.com

Artikel Terkait

Posting Komentar