BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

Tentang Gubanesia


 

Selamat Datang di "Ruang Kerja" Martinus Ruma Depores Karakabu, orang di balik blog sederhana ini
Saya seorang guru dan blogger di www.pandunesia.com. Keseharian saya sebagai guru Bahasa Indonesia di Sekolah Kasih Karunia Jakarta Barat.
Gubanesia adalah akronim dari guru Bahasa Indonesia. Saya menyebutnya RUANG KERJA karena semua hal yang saya lakukan sebagai guru Bahasa Indonesia semuanya didokumentasikan di blog ini.
NARASI TENTANG GUBANESIA
2011 saya mengabdikan diri sebagai PNS di Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Namun hidup harus memilih, maka PNS saya putuskan pensiun dini dan merantau ke Jakarta sebagai guru di Sekolah Kanaan Jakarta. 6 Tahun mengajar di tempat itu memberikan banyak pelajaran. Salah satu pelajaran yang tidak terlupakan adalah siswa enggan belajar Bahasa Indonesia. Bila itu dibiarkan berlarut maka nasib saya pun di ujung tanduk. Bagaimana dengan istri dan anak yang harus dihidupi?
Pergumulan dan proses belajar sepanjang hanyat mengantarkan saya pada kesimpulan menciptakan pembelajaran berbasis blog. Alasannya sederhana murid saya bukan generasi sebelum saya, tetapi mereka yang sejak lahir telah dibekali dengan kecanggihan teknologi. Jadi saya harus menjadikan teknologi sebagai media belajar. Berkat ide sederhana itu kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Indonesia pun berjalan lancar. Cerita lengkapnya saya dokumentasikan di blog personal saya dengan judul Guru Blogger Solusi Alternatif Pembelajaran Di Era Digital.
Tahun 2018 saya mencoba mencari tantangan baru dengan mengajar di Sekolah Kasih Karunia Jakarta. Baru 2 tahun mengajar Indonesia dihantam oleh Pandemi, semua hal dilakukan secara online, termasuk belajar dan mengajar. Maka sejak pandemi gubanesia hadir dengan tagline "belajar kapan saja dan di mana saja".
Itulah kisah hadirnya gubanesia, blog sederhana yang anda baca saat ini. Keseluruhan isi blog ini adalah kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Indonesia di Sekolah Kasih Karunia Jakarta. Kebetulan saya mengajar Bahasa Indonesia, PPKN dan mengampuh eskul pramuka di tempat itu. Jadi sebutan ruang kerja didasari oleh isi konten blog ini adalah semua yang saya lakukan sebagai guru Bahasa Indonesia. Namun khusus Pramuka dan pelajaran PPKN saya tulis di www.pandunesia.com. Di sini biarkan sesuai dengan namanya Gubanesia. Jadi seluruh kontennya tentang kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Indonesia.
Konten seperti blogging dan mahasiswa hanyalah tambahan, tujuannya untuk memberi warna lain dari keseluruhan isi blog gubanesia.
Siswa Hebat, Guru Inspirasi dan Pembaca Terkasih, disaat narasi di gubanesia sudah tidak mampu menjelaskan materi yang saya tulis maka harapan terakhir saya adalah video bisa menjelaskannya
Terima kasih sudah sempatkan diri dan membaca?. 

Bila berkenan berikan suport dengan cara subscribe channel youtube gubanesia. Bagikan kepada teman dan sahabat bila video atau tulisan dalam blog ini dirasa memiliki manfaat.

Kontak Whatsaap 0812 8246 1053 · Email martinrumaweb@gmail.com. Untuk kerja sama seperti pemasangan banner atau artikel reviuew akan dipasang juga di www.martinruma.web.id dan pandunesia sebagai bonus.
Demikian terkait informasi tentang Martinus Ruma Depores Karakabu admin blog gubanesia. Silakan jelajahi keseluruhan ini blog ini dengan mengakses daftar isi