Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar Bahasa Indonesia dan PPKN

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar Bahasa Indonesia dan PPKN
Anak - anak terkasih, semua kalian terbaik di bidangnya masing - masing. Seperti Vivi yang jago gambar, Natan yang hebat dalam olaraga, Debora yang memiliki kemampuan leadership bagus, dan siswa - siswi lainnya. Intinya kalian semua unik dan memiliki kemampuan masing - masing. Spesial dan keren, itulah kalian. 

Kegiatan Belajar dan Mengajar Bahasa Indonesia, PPKN dan Pramuka bersama saya. Kalian tahulah, saya sering menggunakan blog sebagai media belajar. Blog memiliki banyak manfaat untuk kalian sebagai pelajar. Nah berikut ini 8 orang yang saya anggap terbaik dalam mengelola blog, sebagai media belajar. Kita sebut saja buku online. Parameter yang saya gunakan adalah desain yang memudahkan navigasi dan menjelaskan siapa pemilik blog. Kedua konten original dan ketiga produktivitas. Hasilnya, inilah daftar 8 blog terbaik menurut saya.    

Debora Joline, Blog Simpel, Konten Orginal

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Blog terbaik yang pertama milik Debora kelas XII IPA. Desain blognya sangat sederhana, tetapi navigasinya jelas mengarahkan pembaca pada artikel sebelum dan sesudahnya. Namun yang lebih penting dari semua itu, originalitas dan produktivitas kontenya terbaik diantara yang terbaik. Sangat direkomendasikan untuk teman-teman Fase E untuk menjadikan blog ci Debora sebagai blog rujukan dalam menulis konten.   

Click Debora Joline, blog simpel, konten original

Nevin Kennet, Benar-Benar Menjadikan Blog sebagai Buku Online

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Blog terbaik yang kedua masih sama, mengusung tema sederhana, tetapi kontennya tidak sederhana. Konteks tidak sederhana yang saya maksudkan bukan seperti blogger senior atau penulis hebat, yang tulisannya "wah bangat", bukan itu!. Wah di sini soal produktivitas dan originalitas konten. Namun yang lebih penting dari semuanya adalah, "dia menjadikan blog sebagai buku online". Ini terbukti dari label blog yang tidak hanya berisi Bahasa Indonesia dan PPKN, tetapi pelajaran-pelajaran yang lainnya.

Hal yang perlu diperbaiki adalah gambar blog. Tulisan-tulisan yang belum memiliki gambar mohon untuk ditambahkan dengan gambar yang sesuai. Kedua dan ini paling penting, jangan hapus credit Link template di bawah header blog kalau bukan template premium. Yuk mari kenalan dengan si bongsor yang masih junior ini.
Click Nevin Kenneth, si bongsor yang masih junior

Nathania, Blognya Calon Developer

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Hallo anak-anaku di kelas Fase E, kalau sekarang kalian masih bingung-bingung soal edit mengedit template blog atau sekedar tahu HTML yang buat kepalamu pusing, tetapi dipaksa terus oleh pak Martin. Cobalah bertanya ke ci Nathania. saya pastikan dia tidak akan berkata, "kamu nyanya?" hehe.

Tampak dari beranda (lihat versi desktop), "wah bangat". Desain blognya keren bangat, mirip website portofolio para master web. Secara konten, ci Natania juga juaranya. Terbaik dan keren. Namun dilihat via seluler ada gap konten karena pengaruh template. Namun secara keseluruhan sudah sangat baik. Yuk mampir ke blognya siswi kelas XII IPA ini.   
Click Nathania, blognya calon developer

Felicia, Blognya orang IT

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Bila disandingkan dengan ci Nathania, Felicia tidak kalah. Bahasa yang tepat untuk menjelaskan hebatnya Felicia dan Nathania soal urusan desain adalah, setelah Nathania lulus, Felicia yang meneruskan. Blognya Felicia lengkap dari segi konten, produktivitas maupun desain. Blog ini sangat direkomendasikan kepada siswa-siswi yang tidak tahu, desain blog seperti apa yang diinginkan pak Martin.
Jawabnya silakan lihat blognya Felicia, click saja.

Vivi, Blog yang Benar-Benar Menggambarkan Pemiliknya.

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Bagi kamu yang benar-benar mengenal hobynya Vivi secara personal, seharusnya setuju dengan saya. Blog ini menggambarkan karakter Vivi sebagai seseorang yang menyukai dunia seni menggambar. Artistik dan produktivitasnya dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Nah, bagi kamu yang belum mengenalnya lebih dekat, yuk kenalan dengan gadis yang suka menggambar ini. 
Click, Vivi. blog yang benar-benar menggambarkan pemiliknya.

Angely, Blog yang Menggambarkan Usaha Tanpa kenal Menyerah

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Sub judul di atas, bagi yang tidak mengetahui proses belajar Angely secara langsung; pasti merasa judul tersebut tidak nyambung. Memang tidak nyambung karena itu kesan saya (sebagai gurunya) dalam mengikuti perkembangan belajar siswi kelas XII IPA itu. Secara konten tidak jadi masalah. Semuanya memenuhi kriteria saya karena yang bersangkutan anak yang pintar dan bertanggung jawab. Namun soal urusan desain blog, HTML dan hal-hal yang berhubungan dengan coding, kita patut belajar dari usaha yang tidak kenal menyerah dari gadis ini.

Yuk mari mengenal Angely lebih dekat, calon orang sukses yang pantang menyerah.
Click, Angely. blognya calon orang sukses yang pantang menyerah

Jason Francesco, Blognya Anak Pintar

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Soal konten dan kriteria lain yang saya sampaikan di awal, tidak perlu diragukan lagi. Jason anak pintar yang sangat mematuhi perintah guru. Mungkin belum sempurna, tetapi kriteria saya sudah ia penuhi dengan sangat baik.
Yuk bantu saya untuk melihat kekurangan blognya Jason Francesco, Click

William, Blog orang yang Mau Berusaha

Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar
Blog terbaik yang terakhir, dari daftar 8 blog terbaik yang dikelola oleh siswa-siswi SMA Kasih Karunia Jakarta adalah Wiliam dari kelas XI IPA. Pemilihan William Edbert menjadi blog terbaik, bisa mengandung beragam reaksi tentunya. Salah satu alasannya adalah judul blog, yang tidak mewakili penulis (maksudnya nama penulis). Tetapi yang ditulis adalah "Pelajaran di Masa Pandemi". Sungguh itu jauh dari kriteria bukan?.

Ya itu jauh dari kriteria, namun orang yang berusaha harus diharagai. William sudah berusaha keras menulis konten secara produktif.
Jika kamu tidak percaya silakan lihat sendiri isi blognya Wllian, Click
Anak-anak terkasih, dari William saya ingin katakan kepada kalian semua. Siapa yang bekerja keras, usahanya tidak akan sia-sia. Guru selalu menghargai prosesmu. Nilai akhir bukan tidak penting, tetapi jauh lebih penting tahapan dalam proses dilakukan dengan benar.

Demikian 8 blog terbaik yang dikelola oleh siswa-siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai media belajar. Kalian berdelapan, urusan nilai pramuka dan masalah blog sudah selesai. Silakan fokus ke yang lain. Bagi yang belum, pastikan blog-blog di atas, silakan kunjungi lalu amati, tiru dan modifikasi. Kerjamu belum selesai, sampai akhir saya akan terus menangih. Ikuti kriteria berikut ini.
No Parameter Penilian Rincian Point Penilaian
1 Desain Blog Mengganti template bawaan blog, navigasi jelas dan pemilihan warna buat nyaman pembaca
2 Konten Konten original, jumlah konten lebih dari 10, 3 tulisan bebas (bukan rangkuman pelajaran atau tugas yang disuruh buat)
3 Produktivitas dalam menulis Minimal 10 postingan, sudah termasuk 3 tulisan bebas (bukan rangkuman atau tugas yang disuruh buat)

Blog yang sudah memenuhi kriteria, tetapi tidak saya masukan ke daftar blog terbaik karena 5 hal berikut ini.
  1. Konten copi paste atau copy sebagain dengan maksud sebagai kutipan, tetapi lupa menulis sumber.
  2. Masih template bawaan blogger.
  3. Konten tidak memenuhi jumlah (minimal 10, sudah termasuk 3 tulisan bebas).
  4. Navigasi blognya tidak jelas, termasuk pemilihan warna yang membuat sakit mata.
  5. Tampilan desktop dan seluler tidak sama.
Ingat kerjamu belum selesai anakku. Saya lakukan ini karena meyakini bahwa media blog sangat membantu keterampilan menulismu jika kelak engakau menjadi mahasiswa. Baca manfaat blog bagi siswa dan pelajar Indonesia.

Bila engkau mengalami kesulitan menulis, silakan baca cara mengatasi kesulitan menulis di blog.

Posting Komentar untuk "Ini Daftar 8 Blog Terbaik yang Dikelola oleh Siswa-Siswi SMA Kasih Karunia Jakarta sebagai Media Belajar Bahasa Indonesia dan PPKN"