BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

 


Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Observasi

Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Observasi
Martin Karakabu
Pengertian Teks Observasi

Teks observasi adalah teks yang berisi laporan hasil pengamatan secara mendalam terhadap suatu objek atau fenomena sosial yang terjadi. 

Anak - anak bisa mendeskripsikan teks observasi disesuaikan dengan pemahaman yang kalian dapat. Tetapi harus mengandung kata kunci "(1) laporan, (2) pengamatan, (3) objek atau fenomena sosial yang terjadi"   

Struktur Teks Laporan Observasi

Struktur laporan teks observasi ada tiga. Pertama pernyataan umum, kedua deskripsi bagian, ketiga deskripsi manfaat. Anak - anak kita bahas satu persatu.

Pernyataan umum.

Pernyataan umum berisi pembuka atau pengantar dari keseluruhan Teks Laporan Hasil Observasi. Isinya adalah hal yang umum dan ditunjukan untuk memberikan gambaran umum kepada pembaca.

Contoh:

Sekolah kasih karunia Jakarta adalah salah satu sekolah swasta yang berada di Taman Palem Lestari Jakarta Barat. 

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah uraian detail mengenai objek. Dibahas lebih rinci. Misalnya Sekolah Kasih Karunia Jakarta Barat. Bagian - bagiannya seperti "jenjang SD, SMP dan SMA. Itu adalah rincian dari objek yang dibahas yakni Sekolah Kasih Karunia Jakarta. 

Itu kalau dilihat dari jenjang pendidikannya. Jika dilihat dari letaknya maka deskripsi bagiannya adalah sebagai berikut.

  1. Di bagian depan ada pangkalan ojek.
  2. Di samping kiri perumahan warga.
  3. Samping kanan SD Negeri Taman Palem.
  4. Di bagian belakang Perkampungan Cengkareng. 

Deskripsi manfaat

Deskripsi manfaat berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan, (deskripsi umum dan deskripsi bagian). Fokusnya pada manfaat yang pembaca terima.

Contoh.

Jika dilihat dari letak geografis, maka Sekolah Kasih Karunia Jakarta, deskripsi manfaatnya adalah sebagai berikut:
Sekolah Kasih Karunia berada di Taman Palem Lestari Jakarta Barat. Sebelah kiri berbatasan langsung dengan perumahan warga. Sebelah kanaan berbatasan dengan SD Inpres Taman Palem. Bagian depan persis berhadapan dengan pangkalan ojek dan di bagian belakang perkampungan Cengkareng.
Manfaat bagi pembaca adalah saat mereka cari Sekolah Kasih Karunia tidak bingung karena sudah dikasih gambaran. Demikian juga dengan informasi mengenai jenjang pendidikan di Sekolah Kasih Karunia Jakarta. Orang tua murid menjadi tahu bahwa ternyata ada SD, SMP dan SMA. 

Manfaatnya sebagai informasi kepada orang tua tentang Sekolah Kasih Karunia Jakarta secara menyeluruh. Jadi bila suatu saat mereka mendaftarkan anaknya ke sekolah Kasih Karunia Jakarta, orang tua sudah tahu informasinya dari artikel Teks Laporan Hasil Observasi yang kamu tulis. 

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Kaidah kebahasaan dalam penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi adalah (1) Penggunaan kata atau frasa yang berkategori nomina (kata benda). (2) Pembentukan nomina dan verba turunan dengan afiksasi. (3) Penggunaan kalimat definisi dan juga kalimat deskripsi. (4) Penggunaan kalimat simpleks dan kompleks.

Penjelasan lengkap dan contoh teksnya bisa dilihat pada postingan yang berjudul Materi Teks Observasi, Lengkap dengan Contoh Teks. Bila anak - anak ingin melihat soal teks observasi, silakan baca postingan tentang Soal Teks Observasi Lengkap dengan Jawabannya.      
Artikel Terkait
Martin Ruma
Guru Bahasa Indonesia di SMA Kasih Karunia Jakarta. Email martinrumaweb@gmail.com

Artikel Terkait

Posting Komentar