BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

 


Tips Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai dengan Kemampuanmu

Tips Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai dengan Kemampuanmu
Bagi pelajar SMA yang telah menyelesaikan pendidikan di kelas XII tentu ingin kuliah. Menjadi mahasiswa. Namun, salah satu masalah yang sering dialami oleh mereka yang ekonominya mengengah ke bawah adalah biaya kuliah. Nah, agar keinginan untuk kuliah bisa diwujudkan walau pun Ekonomi sulit, coba simak tips berikut ini. 

1. Pahami potensi dirimu!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil jurusan dan program studi tertentu untuk masuk ke kampus yang kamu inginkan, alangkah baiknya untuk kamu bisa mencari tau dulu nih apa yang kamu minati di masa depan. Misalnya aja sih kalo kamu merasa bahwa kamu memiliki potensi di bidang bahasa asing atau sastra, mungkin jurusan Ilmu Komunikasi, jurusan sastra inggris atau jurusan Hubungan internasional bisa kamu ambil sesuai dengan kemampuanmu.


Cara memilih jurusan kuliah lainnya adalah kalau memang kamu merasa bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dari jenjang sebelumnya untuk fokus di mata pelajaran IPA, yang dimana memang kamu memfokuskan diri untuk pendidikan Dokter. Nah untuk memahami potensi dirimu, kamu bisa juga melakukan berbagai hal seperti mengikuti bimbel, atau ikut komunitas yang memiliki potensi yang sama,dan banyak cara lainnya.


2. Kenali passion!

Modal utama sebelum kamu fokus untuk berkarir di satu tujuan itu adalah passion atau hasrat yang kamu miliki. Jika kamu merasa kamu memiliki passion di bidang komunikasi, maka kamu jangan memaksakan diri untuk mengambil bidang kedokteran, karena kamu gak bisa mengambil jurusan yang berseberangan dengan kemampuan.


Tapi, ada satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat bahkan menjadi salah satu hobi. Kalo kamu memang benar-benar memilih jurusan kuliah sesuai dengan passion, pastinya saat kamu kuliah pun kamu akan bisa melewatinya dengan penuh kegembiraan.


3. Sesuaikan biaya kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah kamu harus menyesuaikan budget kuliah yang kamu punya dengan biaya kuliah di kampus yang kamu inginkan. Nah, untuk biaya kuliah di setiap jurusan itu berbeda-beda, ada yang mahal banget hingga ratusan juta tapi ada juga yang kurang dari puluhan juta.


Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apapun, penting banget untuk pertimbangkan keuangan dari orang tua atau uang kamu sendiri. Jangan sampai kamu mengambil jurusan yang biayanya sangat mahal namun kamu dan orang tua tidak punya persiapan budget yang cukup.


Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orang tua dulu terkait jurusan yang mau kamu ambil dan pertimbangkan biayanya. Kalau semuanya sudah sesuai dengan diskusi, pastinya kamu gak akan bisa kebingungan untuk mendaftarkan diri ke kampus yang memang kamu inginkan.


4. Lihat peluang karir di bidang tersebut!

Cara memilih jurusan kuliah yang keempat adalah kamu harus bisa melihat peluang apakah jurusan yang akan kamu pilih itu memiliki peluang pekerjaan yang cukup oke di masa depan. Cara memilih jurusan kuliah adalah kamu harus mengambil jurusan yang memang sekiranya memiliki peluang kerja yang cukup tinggi.


Misalnya saja kalau kamu mengambil jurusan pariwisata, maka kamu harus melakukan riset dulu nih tentang peluang kerja untuk lulusan mahasiswa di bidang pariwisata, kalau kamu merasa bahwa pekerjaan di bidang pariwisata bisa stabil di masa depan.


5. Riset yang mendalam!

Cara memilih jurusan kuliah kelima adalah lakukan riset yang mendalam terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa kamu lakukan dengan mencari tau tentang lokasi, mata kuliah, lulusan kampus, hingga biaya kuliah per semesternya. Riset ini bisa membuat kamu semakin yakin apakah kamu akan fokus mengambil jurusan tersebut atau gak.


Sebelumnya nih buat kamu yang daftar di beberapa kampus atau di beberapa jurusan, kamu harus melakukan riset dan membandingkan antara satu demi satu jurusan. Nah, dari riset ini kamu bisa menaruhnya sebagai pilihan dan menunggu hasil nantinya.


Demikian tips memilih jurusan saat kuliah, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait
Martin Ruma
Guru Bahasa Indonesia di SMA Kasih Karunia Jakarta. Email martinrumaweb@gmail.com

Artikel Terkait

Posting Komentar