BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

 


Apa Saja yang Dipelajari oleh Pelajar dan Mahasiswa Selama Belajar Bahasa di Sekolah Maupun Kampus

Apa Saja yang Dipelajari oleh Pelajar atau Mahasiswa Selama Belajar Bahasa di Sekolah Maupun Kampus
Martin Karakabu
Sudah tahu Bahasa Indonesia mengapa harus belajar lagi?. Pertanyaan yang sering kita dengar dari pelajar, mahasiswa atau orang tua. Melalui artikel yang berjudul, "apa saja yang dipelajari oleh pelajar dan mahasiswa selama belajar Bahasa Indonesia"?. Semoga mampu menjawab pertanyaan tersebut. Yang dipelajari oleh pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa di kampus, ada dua bagian.

Bagian pertama tentang bahasa dan bagian kedua tentang sastra. Hal - hal yang dipelajari dalam Bahasa Indonesia misalnya menulis surat, debat, menulis proposal, karya ilmiah dan masih banyak lagi. Sedangkan yang dipelajari dalam sastra adalah drama, cerpen, novel dan lain sebagainya.

Jadi yang dipelajari oleh siswa maupun mahasiswa selama belajar Bahasa Indonesia ada dua, yakni bahasa dan sastra. Kedua bagian tersebut dibagi lagi menjadi 4. Namanya empat keterampilan berbahasa.

  1. Keterampilan mendengar.
  2. Keterampilan berbicara.
  3. Keterampilan membaca.
  4. Keterampilan menulis.
Yang namanya terampil artinya mampu melaksanakan. Jadi pertanyaan sudah tahu berbahasa Indonesia mengapa harus belajar lagi?. Maka cara menjawabnya melalui pertanyaan. Bila anda sudah bisa berbahasa lisan dengan baik, apakah anda juga mampu menulis dengan baik?. 

Bila tidak maka itulah salah satu fungsi mengapa kita harus berlajar Bahasa Indonesia LAGI. Intinya adalah yang dipelajari oleh pelajar SD, SMP, dan SMA maupun mahasiswa pada hakekatnya sama materinya, yang membedakan hanya tingkat kesulitannya saja. 

Kesimpulannya:

  1. Yang dipelajari oleh pelajar dan mahasiswa selama belajar Bahasa Indonesia di sekolah maupun kampus ada dua, yaitu bahas dan sastra.  
  2. Bahasa dan sastra dibagi menjadi 4, namanya 4 keterampilan berbahasa (mendengar, berbicara, menulis dan membaca).
  3. Bahasa Indonesi terus dipelajari karena praktis bukan teoritis. Artinya bisa melaksanakan bukan hanya mempelajarinya secara teori. Jadi pertanyaan mengapa belajar lagi karena latihan harus terus dilaksanakan agar mahir (terampil) berbahasa.
Demikian artikel yang berjudul apa saja yang dipelajari oleh siswa dan mahasiswa selama belajar Bahasa Indonesia di sekolah maupun kampus. Semoga mampu menjawab pertanyaan dari pelajar, mahasiswa maupun orang tua.

Artikel Terkait
Martin Ruma
Guru Bahasa Indonesia di SMA Kasih Karunia Jakarta. Email martinrumaweb@gmail.com

Artikel Terkait

Posting Komentar