BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb

Kajian Pustaka atau Landasan Teori dan Metode Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah

Ini adalah tulisan berseri, bagian ketiga dari rangkaian penulisan karya ilmiah remaja tahun 2023. Apabila sobat belum membaca bagian kedua, silakan simak terlebih dahulu bagian kedua yakni Aturan Penulisan Karya Ilmiah Remaja Tahun 2023.
Kajian Pustaka atau Landasan Teori dan Metode Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah
Bila sudah menyimaknya, mari kita lanjutkan bagian ketiga tentang Kajian Pustaka atau Landasan Teori dan Metode Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah, berikut ini.

Kajian Pustaka atau Landasan Teori

Kajian pustaka atau landasan teori dalam penulisan karya ilmiah merupakan teori atau bacaan - bacaan yang dimasukan dalam definisi konsep. Contohnya sebagai berikut:

2.1 Definisi Konsep

2.1.1 Definisi Sistem

Berikut ini merupakan pengertian sistem menurut para pakar yang coba penulis paparkan dari berbagai sumber. Menurut Mustakini (2009:34) "Sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur  dan pendekatan komponen. Sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur - prosedur yang mempunyai tujuan tertentu. Mendefinisikan sistem secara umum sebagai kumpulan dari elemen - elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu sebagai satu kesatuan (Agus Mulyanto, 2009:1).

Menurut Moekijat dalam Prasojo (2021:152), "sistem adalah setiap sesuatu terdiri dari objek - objek, atau unsur - unsur atau komponen - komponen yang tertata kaitan dan tertata hubungan satu sama lain, sedemikian rupa sehingga unsur - unsur tersebut merupakan satu kesatuan pemrosesan atau pengelolaan tertentu. 

Metode Penelitian

Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisisnya. Metode penelitian mencakup objek penelitian (sumber tempat kita memperoleh keterangan atau data), metode pengumpulan data (kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumenter), dan teknik pengolahan data (statistik dan non statistik).

Demikian penjelasan dari bagian ketiga tentang panduan penulisan karya ilmiah remaja tahun 2023 dengan judul Kajian Pustaka atau Landasan Teori dan Metode Penelitian dalam Penulisan Karya Ilmiah. Selanjutnya silakan simak kembali bagian keempat tentang Pembahasan dan Penutup Karya Ilmiah dan Cara Menulis Daftar Pustaka.

Artikel Terkait

Baca Juga

Posting Komentar